PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII MTs SALAFIYAH KASIM BLITAR TAHUN AJARAN 2019-2020

WIRA KHIKMATUL UMAH, 17209153003 (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII MTs SALAFIYAH KASIM BLITAR TAHUN AJARAN 2019-2020. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (633kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (608kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (626kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Keaktifan Belajar Dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII di MTs Salafiyah Kasim Selopuro Blitar Tahun Ajaran 2019/2020” ini ditulis oleh Wira Khikmatul Umah, NIM 17209153003, pembimbing Dr. Ummu Sholihah, M.Si. Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan belajar dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS. Hal ini disebabkan karena pembelajaran banyak didominasi oleh guru, sehingga mengakibatkan siswa kurang aktif dan hasil belajarnya rendah. Oleh karena itu, diperlukan suatu metode pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk dapat mengkonstruksikan sendiri pengetahuannya, salah satunya adalah Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Model Pembelajaran ini dikembangkan untuk melatih siswa agar memiliki kemampuan, ketrampilan bertanya dan menjawab pertanyaan. Model Pembelajaran Berbasis Masalah sangat baik digunakan untuk melibatkan siswa dalam mengulang materi pelajaran yang telah disampaikan. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Keaktifan Belajar, (2) untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar, (3) untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar IPS siswa kelas VIII MTs Salafiyah Kasim Selopuro Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Salafiyah Kasim Selopuro Blitar dengan sampel kelas VIII A dan kelas VIII C. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik yaitu Uji Independen Sampel t-Test dan Uji MANOVA. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Keaktifan belajar siswa. Terbukti dengan nilai sig 0.003<0,05 dan > = 3.060 > 2.014 dengan rata-rata Keaktifan belajar siswa kelas eksperimen 81,04 dan kelas kontrol 74.59. (2) Ada pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar. Terbukti dengan nilai sig 0.000<0,05 dan > = 3.871 > 2.014 dengan rata-rata Hasil belajar siswa kelas eksperimen 78.96 dan kelas kontrol 72.66. (3) Ada Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Keaktifan belajar dan Hasil Belajar. Hal ini terbukti dari analisis Pillai’s Trace, Wilks’Lambda, Hotelling’s Trace, Roy’s Largets Root, dimana Sig 0.000 < 0.05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 17209153003 WIRA KHIKMATUL UMAH
Date Deposited: 15 Jan 2021 07:07
Last Modified: 03 May 2021 03:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17609

Actions (login required)

View Item View Item