Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Assisted Learning terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTsN Aryojeding

RIFKI, SAHARA (2015) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Assisted Learning terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTsN Aryojeding. [ Skripsi ]

[img] Text
SAMPUL LUAR SKRIPSI.pdf

Download (69kB)
[img] Text
SAMPUL DALAM SKRIPSI.pdf

Download (20kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (619kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (815kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (88kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (90kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Assisted Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTsN Aryojeding” ini ditulis oleh Rifki Sahara, NIM. 3214113139, pembimbing Dr. Hj. Elfi Mu’awanah, M.Pd. Kata Kunci : Metode Pembelajaran Assisted Learning, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa pembelajaran matematika kurang diminati oleh siswa karena sulit, membosankan bahkan pembelajaran matematika dianggap sebagai hal yang menakutkan bagi siswa. Hal ini dapat berdampak pada hasil belajar matematika siswa. Dalam hal ini, peneliti menghubungkan masalah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran Assisted Learning. Assisted Learning yaitu suatu model pembelajaran konstruktivisme yang lebih menekankan pada subyek yaitu siswa, dimana siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran berlangsung, dan peran guru hanya sebagai fasilitator dan mediator yang membantu agar proses belajar siswa berjalan dengan baik. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Apakah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Assisted Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika bangun ruang sisi datar kelas VIII MTsN Aryojeding tahun ajaran 2014/ 2015? 2) Apakah ada perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata sebelum diberikan treatment (pretest) dengan nilai rata-rata setelah diberikan treatment (post-test) dengan menggunakan model pembelajaran Assisted Learning pada mata pelajaran matematika bangun ruang sisi datar kelas VIII MTsN Aryojeding tahun ajaran 2014/ 2015? 3) Apakah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Assisted Learning lebih efektif jika dibandingkan dengan pembelajaran tanpa menggunakan model pembelajaran Assisted Learning pada mata pelajaran matematika bangun ruang sisi datar kelas VIII MTsN Aryojeding tahun ajaran 2014/ 2015? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Assisted Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika bangun ruang sisi datar kelas VIII MTsN Aryojeding tahun ajaran 2014/ 2015. 2) Untuk mengetahui bahwa ada perbedaan hasil belajar antara pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Assisted Learning dengan pembelajaran menggunakan metode ceramah pada mata pelajaran matematika bangun ruang sisi datar kelas VIII MTsN Aryojeding tahun ajaran 2014/ 2015. 3) Untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Assisted Learning pada mata pelajaran matematika bangun ruang sisi datar kelas VIII MTsN Aryojeding tahun ajaran 2014/ 2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen, dengan variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran Assisted Learning. Sedangkan variabel terikatnya (Y) adalah hasil belajar matematika. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dengan menggunakan uji statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Assisted Learning dapat meningkatkan hasil belajar. 2) Penggunaan model pembelajaran Assisted Learning dapat membedakan nilai ratarata hasil belajar. Nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 80,6 sedangkan nilai ratarata kelas kontrol adalah 70,3 artinya bahwa rata-rata nilai kelas eksperimen lebih tinggi dari pada rata-rata nilai kelas kontrol. 3) Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Assisted Learning lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran tanpa menggunakan model pembelajaran Assisted Learning pada hasil belajar matematika bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII MTsN Aryojeding.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: RIFKI SAHARA
Date Deposited: 09 Sep 2015 02:28
Last Modified: 09 Sep 2015 02:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1763

Actions (login required)

View Item View Item