BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI SPLTV DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA KELAS X MIPA 1 SMAN 1 CAMPURDARAT TULUNGAGUNG

PUTRIANA HABSAL, 172041631 31 (2020) BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI SPLTV DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA KELAS X MIPA 1 SMAN 1 CAMPURDARAT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (815kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (331kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (195kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (323kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi SPLTV ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas X MIPA 1 SMAN 1 Campurdarat Tulungagung” ini ditulis oleh Putriana Habsal, NIM. 17204163131, pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M.Pd Kata kunci: Berpikir Kritis, SPLTV, Gaya Kognitif. Terdapat masalah tentang kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika, yaitu terkait dengan penerapan konsep yang telah dipelajari dalam menyelesaikan masalah matematika. Berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah matematika setiap siswa berbeda-beda karena dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah gaya kognitif. Gaya kognitif adalah karakteristik individu dalam menggunakan fungsi kognitifnya yaitu berpikir, mengingat, dan memecahkan masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan berpikir kritis siswa kelas X Mipa 1 SMAN 1 Campurdarat dengan gaya kognitifField Independent (FI) dalam menyelesaikan masalah matematika materi SPLTV, (2) Mendeskripisikan berpikir kritis siswa kelas X Mipa 1 SMAN 1 Campurdarat dengan gaya kognitif Field Dependent (FD) dalam menyelesaikan masalah matematika materi SPLTV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 4 siswa yang diambil dari kelas X MIPA 1 SMAN 1 Campurdarat, yaitu 2 siswa dengan gaya kognitiffield independent dan 2 siswa dengan gaya kognitiffield dependent. Teknik pengumpulan data menggunakan tes Group Embedded Figured Test (GEFT), tes berpikir kritis pada materi SPLTV dan wawancara. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan atau keajegan pengamatan, triangulasi, pemeriksaan atau pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian ini, mendeskripisikan bahwa (1) Berpikir kritis siswa dengan gaya kognitif Field Independent mampu memenuhi 4 indikator berpikir kritis (Interpretasi, Analisis, Evaluasi, dan Inference). Pada soal terakhir siswa lain mampu menentukan apa yang diketahui dan ditanyakan dengan jelas (Interpretasi), mampu menentukan hubungan konsep yang digunakan dalam menyelesaikan soal, namun tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat. Sehingga siswa tersebut hanya dapat memenuhi 1 indikator (Interpretasi), (2) Berpikir kritis siswa dengan gaya kognitif Field Dependent mampu memenuhi 4 indikator berpikir kritis (Interpretasi, Analisis, Evaluasi, dan Inference). Pada soal terakhir siswa lain hanya mampu menentukan apa yang diketahui dan ditanyakan dengan jelas (Interpretasi), sehingga siswa tersebut hanya dapat memenuhi 1 indikator (Interpretasi).

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 172041631 31 PUTRIANA HABSAL
Date Deposited: 18 Jan 2021 02:02
Last Modified: 29 Apr 2021 02:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17659

Actions (login required)

View Item View Item