Pengaruh Motivasi Dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Kreativitas Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas VII MTsN 2 Tulungagung

Miftakhul, Qori'ah (2015) Pengaruh Motivasi Dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Kreativitas Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas VII MTsN 2 Tulungagung. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
sampul .pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar rujukan.pdf

Download (148kB) | Preview

Abstract

Qori’ah, Miftakhul. NIM. 3214113111. “Pengaruh Motivasi dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Kreativitas dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas VII MTsN 2 Tulungagung”, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing: Syaiful Hadi, M.Pd. Kata Kunci: Motivasi, Gaya Belajar, Kreativitas Matematika merupakan mata pelajaran yang kurang diminati oleh siswa. Siswa menganggap matematika sulit dipelajari dan pelajaran yang tidak begitu penting. Padahal matematika perlu diberikan kepada semua siswa mulai dari Sekolah Dasar untuk membekali siswa dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, kreatif, serta kemampuan bekerja sama. Oleh karena itu di sekolah perlu menggunakan strategi pembelajaran untuk mengembangkan kreativitas siswa. Kreativitas merupakan titik pertemuan yang khas antara 3 atribut psikologi, yakni intelegensi, gaya kognitif, dan kepribadian/motivasi. Apalagi matematika sangat berhubungan dengan penyelesaian masalah kehidupan sehari-hari, sehingga faktor kreativitas ini sangat penting dalam menyelesaikan masalah matematika. Tujuan penelitian ini antara lain (1) Untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap kreativitas dalam menyelesaikan masalah matematika pada siswa kelas VII MTsN 2 Tulungagung, (2) Untuk mengetahui pengaruh gaya belajar siswa terhadap kreativitas dalam menyelesaikan masalah matematika pada siswa kelas VII MTsN 2 Tulungagung, (3) Untuk mengetahui pengaruh motivasi dan gaya belajar siswa terhadap kreativitas dalam menyelesaikan masalah matematika pada siswa kelas VII MTsN 2 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah kausal komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 2 Tulungagung. Dalam pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan kelas VII A sebagai kelas sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier ganda, dengan uji prasyarat analisis menggunakan uji linieritas yang terdiri dari uji normalitas dan uji asumsi klasik (multikolinearitas, autokorelasi, heteroskedastisitas). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) tidak ada pengaruh yang signifikan antara motivasi terhadap kreativitas siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada siswa kelas VII MTsN 2 Tulungagung, (2) tidak ada pengaruh yang signifikan antara gaya belajar terhadap kreativitas siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada siswa kelas VII MTsN 2 Tulungagung, (3) ada pengaruh yang signifikan antara motivasi dan gaya belajar siswa terhadap kreativitas siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada siswa kelas VII MTsN 2 Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: MIFTAKHUL QORI'AH
Date Deposited: 11 Sep 2015 07:08
Last Modified: 11 Sep 2015 07:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1767

Actions (login required)

View Item View Item