Miftakhul, Qori'ah (2015) Pengaruh Motivasi Dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Kreativitas Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas VII MTsN 2 Tulungagung. [ Skripsi ]
|
Text
sampul .pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (383kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (502kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (477kB) | Preview |
|
|
Text
Bab IV.pdf Download (485kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
daftar rujukan.pdf Download (148kB) | Preview |
Abstract
Qori’ah, Miftakhul. NIM. 3214113111. “Pengaruh Motivasi dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Kreativitas dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas VII MTsN 2 Tulungagung”, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing: Syaiful Hadi, M.Pd. Kata Kunci: Motivasi, Gaya Belajar, Kreativitas Matematika merupakan mata pelajaran yang kurang diminati oleh siswa. Siswa menganggap matematika sulit dipelajari dan pelajaran yang tidak begitu penting. Padahal matematika perlu diberikan kepada semua siswa mulai dari Sekolah Dasar untuk membekali siswa dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, kreatif, serta kemampuan bekerja sama. Oleh karena itu di sekolah perlu menggunakan strategi pembelajaran untuk mengembangkan kreativitas siswa. Kreativitas merupakan titik pertemuan yang khas antara 3 atribut psikologi, yakni intelegensi, gaya kognitif, dan kepribadian/motivasi. Apalagi matematika sangat berhubungan dengan penyelesaian masalah kehidupan sehari-hari, sehingga faktor kreativitas ini sangat penting dalam menyelesaikan masalah matematika. Tujuan penelitian ini antara lain (1) Untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap kreativitas dalam menyelesaikan masalah matematika pada siswa kelas VII MTsN 2 Tulungagung, (2) Untuk mengetahui pengaruh gaya belajar siswa terhadap kreativitas dalam menyelesaikan masalah matematika pada siswa kelas VII MTsN 2 Tulungagung, (3) Untuk mengetahui pengaruh motivasi dan gaya belajar siswa terhadap kreativitas dalam menyelesaikan masalah matematika pada siswa kelas VII MTsN 2 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah kausal komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 2 Tulungagung. Dalam pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan kelas VII A sebagai kelas sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier ganda, dengan uji prasyarat analisis menggunakan uji linieritas yang terdiri dari uji normalitas dan uji asumsi klasik (multikolinearitas, autokorelasi, heteroskedastisitas). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) tidak ada pengaruh yang signifikan antara motivasi terhadap kreativitas siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada siswa kelas VII MTsN 2 Tulungagung, (2) tidak ada pengaruh yang signifikan antara gaya belajar terhadap kreativitas siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada siswa kelas VII MTsN 2 Tulungagung, (3) ada pengaruh yang signifikan antara motivasi dan gaya belajar siswa terhadap kreativitas siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada siswa kelas VII MTsN 2 Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | MIFTAKHUL QORI'AH |
Date Deposited: | 11 Sep 2015 07:08 |
Last Modified: | 11 Sep 2015 07:08 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1767 |
Actions (login required)
View Item |