AGUSTIN AYU WIKAN NINGSIH, 17201163001 (2020) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN PADA SISWA DI SMP NEGERI 2 CAMPURDARAT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (514kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (130kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (86kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (198kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (563kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (85kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (107kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-nilai Keagamaan pada Siswa di SMP Negeri 2 Campurdarat Tulungagung” ini ditulis oleh Agustin Ayu Wikan Ningsih, NIM. 17201163001, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh: Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci: Strategi, GPAI, Nilai-nilai Keagamaan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena zaman modern dimana kesadaran manusia dalam menjalankan syariat Islam masih kurang. Sedangkan perbedaan latar belakang kehidupan siswa juga mempengaruhi kesadarannya dalam beragama, pengetahuannya terhadap agama Islam dan pelaksanaannya dalam menjalankan ibadah. Sekolah sebagai lembaga pendidikan yang berfungsi untuk mendidik siswa, mengajarkan ilmu umum maupun ilmu agama melalui seorang guru. Tentunya guru pendidikan agama Islam memiliki peranan penuh dalam mengajarkan ilmu agama dan menanamkan nilai-nilai agama pada siswa. Pada penerapannya diperlukan sebuah pengajaran dan adanya program kegiatan yang dapat mendukung penanaman nilai-nilai keagamaan. Kemudian peneliti menghubungkan penanaman nilai-nilai agama dengan program kegiatan yang terdapat dalam suatu lembaga pendidikan tersebut. Maka dari itu diperlukan adanya strategi guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan pada siswa. Karena guru merupakan komponen penting dalam mendidik, mengajar dan membimbing para siswa. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan melalui pembiasaan membaca al-Qur’an pada siswa di SMP Negeri 2 Campurdarat Tulungagung?, (2) Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan melalui program shalat berjamaah pada siswa di SMP Negeri 2 Campurdarat Tulungagung?, (3) Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan melalui program ekstrakurikuler shalawat pada siswa di SMP Negeri 2 Campurdarat Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan melalui pembiasaan membaca al-Qur’an pada siswa. (2) Untuk mendeskripsikan strategi Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan melalui program shalat berjamaah pada siswa. (3) Untuk mendeskripsikan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan melalui program ekstrakurikuler sholawat pada siswa Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitiannya di SMP Negeri 2 Campurdarat Tulungagung. Sumber datanya diperoleh melalui tiga unsur yaitu: person, place, paper. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan kepercayaan (perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi), keteralihan, kebergantungan dan kepastian. Hasil penelitiannya adalah (1) Strategi guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan melalui pembiasaan membaca al-Qur’an adalah adanya anjuran kepada siswa untuk membawa juz ‘amma, membiasakan membaca al-Qur’an melalui membaca surat-surat pendek dalam juz ‘amma,, memberikan materi dan pelatihan terkait dengan membaca al-Qur’an yang baik dan benar, memberikan nasihat dan motivasi, memberikan hukuman untuk mendidik kedisiplinan siswa, memberikan evaluasi mengenai bacaan siswa, memberikan penghargaan sebagai bentuk apresiasi. (2) Strategi guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan melalui program shalat dhuhur berjamaah adalah membentuk kerjasama seluruh guru dalam mengkondisikan siswa melaksanakan shalat dhuhur berjamaah, memberikan jadwal shalat dhuhur berjamaah. Memberikan anjuran, pembiasaan, keteladanan, serta pengarahan terkait pelaksanaan shalat yang baik sesuai syariat. Memberikan kajian keagamaan melalui metode ceramah, memberi pengawasan secara langsung dengan mendampingi dan mengabsen siswa. (3) Strategi guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan melalui program ekstrakurikuler shalawat adalah adanya pemberian jadwal latihan shalawat, anjuran melaksanakan shalat dhuhur berjamaah sebelum melaksanakan latihan shalawat, pelaksanaanya diawali dan diakhiri dengan doa bersama-sama, memberikan materi lagu-lagu shalawat dan pelatihan alat musik rebana, memberikan kajian seputar shalawat dan keagamaan melalui metode ceramah, mewadahi siswa untuk tampil dalam sebuah event sekolah maupun luar sekolah dan memberi penghargaan sebagai bentuk apresisasi pada siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ningsih Agustin Ayu Wikan Ningsih |
Date Deposited: | 18 Jan 2021 03:38 |
Last Modified: | 26 Apr 2021 03:36 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17670 |
Actions (login required)
View Item |