NAFISATUL ‘ULA, 17204163285 (2020) KORELASI ANTARA KECERDASAN VISUAL SPASIAL DAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (769kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (388kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (162kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (438kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (590kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (421kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (406kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (439kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (97kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (316kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Korelasi Antara Kecerdasan Visual Spasial dan Kecerdasan Logis Matematis dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Negeri 2 Tulungagung” ditulis oleh Nafisatul ‘Ula, NIM. 17204163285, pembimbing Nur Cholis, S.Pd.I, M.Pd. Kata Kunci: Kecerdasan Visual Spasial, Kecerdasan Logis Matematis, Hasil Belajar Matematika Fenomena yang sering terjadi pada proses pembelajaran matematika adalah siswa kurang mampu memahami konsep dalam matematika dan masih mempunyai kemampuan yang rendah dalam memecahkan suatu masalah matematika. Masalah ini bisa terjadi karena siswa belum menggunakan kecerdasan visual-spasial dan kecerdasan logis matematika dengan maksimal. Kecerdasan visual-spasial meliputi kemampuan membayangkan, mempresentasikan ide secara visual atau spasial, dan mengorientasikan diri secara tepat dalam matriks spasial termasuk kepekaan pada garis, bentuk ruang, warna, dan hubungan antar unsur tersebut sedangkan kecerdasan logis matematis adalah kecerdasan yang digunakan untuk memecahkan masalah, memikirkan dan menyusun solusi dengan urutan yang logis. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui korelasi antara kecerdasan visual spasial dengan hasil belajar matematika siswa, (2) untuk mengetahui korelasi antara kecerdasan logis matematis dengan hasil belajar matematika siswa, dan (3) untuk mengetahui korelasi antara kecerdasan visual spasial dan kecerdasan logis matematis dengan hasil belajar matematka siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah korelasional. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII MTsN 2 Tulungagung dengan sampel siswa kelas VIII-D. Sampel penelitian dipilih dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan metode tes dan dokumentasi. Dalam analisis data peneliti menggunakan analisis korelasi linear sederhana dan korelasi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan visual spasial dengan hasil belajar matematika siswa dengan kontribusi sebesar 41,4%. (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan logis matematis dengan hasil belajar matematika siswa dengan kontribusi sebesar 35,9%, (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan visual spasial dan kecerdasan logis matematis secara bersama-sama dengan hasil belajar matematika siswa dengan kontribusi sebesar 46,5% .
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 17204163285 NAFISATUL ‘ULA |
Date Deposited: | 21 Jan 2021 07:03 |
Last Modified: | 28 Apr 2021 04:08 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17692 |
Actions (login required)
View Item |