PROSES PENANGANAN PERKARA PENIPUAN DI LEMBAGA PERLINDUNGAN KONSUMEN NASIONAL INDONESIA (LPKNI) KOTA MALANG DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG PERLINDUNGAN KONSUMEN NOMOR 8 TAHUN 1999 DAN HUKUM ISLAM

SAFINATUNAJAH, 17101153045 (2019) PROSES PENANGANAN PERKARA PENIPUAN DI LEMBAGA PERLINDUNGAN KONSUMEN NASIONAL INDONESIA (LPKNI) KOTA MALANG DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG PERLINDUNGAN KONSUMEN NOMOR 8 TAHUN 1999 DAN HUKUM ISLAM. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (25kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (329kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (341kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Safinatunajah, NIM. 17101153045. Proses Penangan Perkara Penipuan Di Lembaga Perlindungan Konsumen Nasional Indonesia (Lpkni) Kota Malang Ditinjau Dari Undang-Undang Perlindungan Konsumen Nomor 8 Tahun 1999 Dan Hukum Islam. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah. Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum. IAIN Tulungagung, Pembimbing Dr. H. Asmawi, M.Ag. Kata Kunci : Hukum Islam, Lpkni, Penipuan, Perlindungan Konsumen Penelitian ini dilatar belakangi karena konsumen merasa sangat dirugikan atas tidak tanggung jawabnya produsen. Konsumen tidak mengerti antara hak dan kewajiban. Ada peraturan yang memberlakukan tentang perlindungan konsumen, namun dengan sangat minimnya pengetahuan para pihak sering terjadi perenggutan hak diantara produsen maupun konsumen, dominan pihak konsumen. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana proses penanganan perkara penipuan di LPKNI Kota Malang ditinjau dari Undang-Undang Perlindungan Konsumen Nomor 8 Tahun 1999? 2) Bagaimana proses penanganan perkara penipuan di LPKNI Kota Malang ditinjau dari Hukum Islam? 3) Bagaimana perbandingan tinjauan dari Undang-Undang Perlindungan Konsumen Nomor 8 Tahun 1999 dan Hukum Islam? Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui dan memahami proses penanganan perkara penipuan di LPKNI Kota Malang ditinjau dari Undang-Undang Perlindungan Konsumen Nomor 8 Tahun 1999. 2) Untuk mengetahui dan memahami proses penanganan perkara penipuan di LPKNI Kota Malang ditinjau dari Hukum Islam. 3) Untuk mengetahui dan memahami perbandingan tinjauan dari Undang-Undang Perlindungan Konsumen Nomor 8 Tahun 1999 dan Hukum Islam Jenis penelitian ini disebut dengan penelitian kepustakaan (Library Research) yaitu pengumpulan data atau informasi dengan bantuan berbagai macam-macam materi dengan cara membaca, menelaah dan mencatat bahan dari literatur yang berhubungan langsung dengan penelitian ini. Teknis analisis yang digunakan adalah dengan analisis isi dan analisis perbandingan. Setelah melakukan penelitian dari berbagai sumber dapat disimpulkan bahwa : 1) Hubungan hukum yang tercipta antara konsumen dan pelaku usaha merupakan hubungan hukum yang memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak. Secara umum konsumen haruslah dapat mengetahui tentang definisi seorang konsumen, pelaku usaha, dan hak-hak yang dimiliki oleh konsumen dan pelaku usaha tersebut. 2) 3) Perbandingan terhadap tindak pidana perkara penipuan menurut undang-undang perlindungan konsumen nomor 8 tahun 1999 dan hukum islam adalah secara prosedur menurut undang-undang perlindungan konsumen nomor 8 tahun 1999 pelaksanaannya sama hal nya dengan prosedur yang diterapkan dalam hukum islam. Karena pemilik lembaga tersebut mengedepankan prinsip syariah, walaupun tidak berlebel syariah. Walaupun masih ada hal lain yang belum sesuai syariah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 17101153045 SAFINATUNAJAH
Date Deposited: 29 Jan 2021 04:34
Last Modified: 16 Apr 2021 02:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17699

Actions (login required)

View Item View Item