ACHMAD ALEX ABDUL HALIM, 12505174001 (2019) PENGEMBANGAN BUKU PENILAIAN SISWA MI MENURUT KURIKILUM 2013 (K-13) DENGAN PENDEKATAN PEMETAAN KELAS (Di MI An Nidhom Ngadiluwih Kediri dan MI Tanwirul Fuad Cendono Kediri). [ Thesis ]
|
Text
cover.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (66kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (445kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (261kB) |
||
|
Text
BAB IV.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (63kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (81kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul “Pengembangan buku penilaian siswa menurut kurikulum 2013(K-13) ini ditulis oleh Achmad Alex Abdul Halim dibimbing oleh Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I. selaku dosen pembimbing I dan Dr. Mohamad Jazeri, S.Ag., M.Pd sselaku pembmbng II Kata Kunci : Pengembangan buku penilaian siswa, pendekatan pemetakan kelas. Pengembangan buku penilaian siswa dengan pendekatan pemetaan kelas ini didasari oleh hasil observasi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti di MI Tanwirul Fuad dan MI An Nidhom. Dalam observasi pendahuluan tersebut peneiti menemukan keresahan-keresahan yang dirasakan oleh beberapa guru terkait dengan banyaknya aspek kecakapan siswa yang harus diamati dan dinilai pada kurikulum2013 (K-13). Serta keresahan terkait perekapan dan penyusunan penilaian tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimanakah penggunaan buku nilai siswa MI yang berdasarkan kurikulum 2013 (K-13) di MI An Nidhom Ngadiluwih Kediri dan MI Tanwirul Fuad Sambi Kediri ?. 2). Desain pengembangan buku penilaian siswa MI seperti apakah yang sesuai dengan kurikulum 2013 (K-13), dan dapat dilaksanakan di MI An Nidhom Ngadiluwih Kediri dan MI Tanwirul Fuad Sambi Kediri ?. 3). Bagaimanakah keefektifan pengembangan buku nilai siswa MI meurut kurikulum 2013 dengan pendekatan pemetaan kelas dalam memberikan penilaian terhadap siswa di MI An Nidhom Ngadiluwih Kediri dan MI Tanwirul Fuad Sambi Kediri ? Tesis ini bertujuan untuk 1) Menjelaskan penggunaan buku penilaian siswa yang selama ini telah digunakan di MI Tanwirul Fuad dan MI An Nidhom. 2). Menjelaskan desain model pengembangan buku penilaian siswa dengan pendekatan pemetaan kelas. 3). Untuk mengetahui perbandingan efektifitas penilaian siswa dengan buku penilaian yang lama dan buku penilaian siswa yang baru Pendekatan yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Prosedur penelitian yang digunakan adalah adaptasi dari model pengembangan Borg dan Gall (2003) yang disederhanakan menjadi 7 tahapan diantaranya adalah sebagai berikut (1) Penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan (3) mengembangkan design awal produk, (4) melakukan uji coba awal produk, (5) melakukan revisi produk,(6) melakukan uji coba lapangan produk, (7) melakukan revisi produk dan penyempurnaan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil 1) . kebutuhan guru akan adanya sebuah instrument penilaian yang lebih mudah,, efektif, dan objektif dalam memberikan penilaian terhadap perkembangan siswa. 2). Produk yang dihasilkan berbentuk dua buku. Satu buku penilaian siswa dengan pendeatan pemetaan kelas, dan satu lagi berupa buku pedoman penggunaan yang dilengkapi dengan konsep dasar penilaian, contoh instrument penilaian, contoh penggunaan, dan prinsi penilaian. 3). Hasl validasi oleh ahli desain pembelajaran 1 (HU1) memperoleh prosentase penillaian sebesar 83,3%. Dan memperoleh nilai prosentase sebesar72% dari HU2. Hasil validasi ahli evaluasi pembelajaran memperoleh nilai prosentase sebesar 80%. Dari HU1, dan 78% dari HU2. Uji lapangan yang dilakukan oleh guru memperoleh nilai prosentase sebesar 85% untuk tampilan buku, 73% untuk konten atau isi buku, dan 92% untuk kegunaan atau kemanfaatan buku. Uji efektifitas penggunaan buku lama dan buku baru dengan jumlah responden n=26 memperoleh nilai t hitung= -14,730. Dan dengan taraf kesalahan α =5% atau 0,05 dk=n-2, memperoleh harga ttabel =1,706, maka dapat disimpulkan bahwa nilai t hitung < ttabel, atau dengan kata lain nilai thitung jatuh pada daerah penerimaan Ha atau penolakan Ho. Dengan perbandingan prosentase 64,4% untuk buku penilaian yang lama dan 84% untuk buku penilaian yang baru. Berdasarkan dari perhitungan statistic dtersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan efektifitas yang sangat signifikan dengan kesimpulan bahwa buku penilaian siswa dengan pendekatan pemetaan kelas lebih efektif daripada buku penilaian lama
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam |
Depositing User: | pengembang 12505174001 achmad alex abdul halim |
Date Deposited: | 20 Jan 2021 07:52 |
Last Modified: | 26 Apr 2021 03:29 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17795 |
Actions (login required)
View Item |