PENERAPAN KEGIATAN BERMAIN BALOK ANGKA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA ANAK KELOMPOK A Di TK Rofi'ul A'la Jiwut Nglegok Blitar

DESYKA FU’ATUL ELYSA, 17206153036 (2019) PENERAPAN KEGIATAN BERMAIN BALOK ANGKA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA ANAK KELOMPOK A Di TK Rofi'ul A'la Jiwut Nglegok Blitar. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (716kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (192kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (232kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (260kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Kegiatan Bermain Balok Angka Dalam Mengembangkan Kemampuan Berhitung pada Anak Kelompok A di TK Rofi’ul A’laa Jiwut Nglegok Blitar,” ditulis oleh Desyka Fu’atul Elysa, NIM. 17206153036, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, IAIN Tulungagung. Pembimbing: Dr. Muhamad Zaini, M.A, Kata kunci: Permaian Balok Angka, Kemampuan Berhitung Anak Pembelajaran berhitung pada anak, seringkali berlangsung dengan menjenuhkan karena hanya berpusat pada buku tulis atau lembar kerja anak (LKA). Penjumlahan di buku tulis sudah sangat biasa bagi anak dan anak akan cepat merasa bosan jika hanya menggunakan buku tulis dan lembar kerja anak (LKA). Anak dalam permainan balok angka ini diajak berperan langsung dalam pembelajaran dan guna memberikan stimulus-stimulus yang membuat anak lebih aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Anak akan menjadi lebih antusias, lebih cepat menangkap pesan yang disampaikan oleh guru. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana langkah-langkah penerapan kegiatan barmain balok angka dalam mengembangkan kemampuan berhitung pada anak di TK Rofi’ul A’la Jiwut Nglegok Blitar?, 2) Bagaimana dampak penerapan kegiatan barmain balok angka dalam mengembangkan kemampuan berhitung pada anak di TK Rofi’ul A’la Jiwut Nglegok Blitar?, 3) Bagaimana hambatan penerapan kegiatan barmain balok angka dalam mengembangkan kemampuan berhitung pada anak di TK Rofi’ul A’la Jiwut Nglegok Blitar?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang utama dalam penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu data primer dan data sekunder. Analisis data yang peneliti gunakan adalah analisis deskriptif interaktif melalui tiga langkah yaitu: (1) reduksi data (2) penyajian data dan (3) penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini adalah: 1) Langkah-langkah penerapan kegiatan barmain balok angka dalam mengembangkan kemampuan berhitung pada anak, mengalami perubahan sesuai dengan kondisi anak. Utamanya, proses pembelajaran dapat berlangsung dengan baik, 2) Dampak penerapan kegiatan barmain balok angka dalam mengembangkan kemampuan berhitung pada anak, menghasilkan output positif. Karena memahami materi pembelajaran dengan menggunakan jenis permainan balok angka menunjukkan bahwa anak mudah paham dan minat anak lebih tinggi daripada menggunakan pembelajaran biasa. 3) Hambatan penerapan kegiatan barmain balok angka dalam mengembangkan kemampuan berhitung pada anak, disebabkan oleh keadaan internal anak itu sendiri, tingkat minat anak, tingkat suasana hati dan kemauan dalam belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 17206153036 Desyka fuatul elysa
Date Deposited: 20 Jan 2021 07:06
Last Modified: 27 Apr 2021 02:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17798

Actions (login required)

View Item View Item