M. MIFTAKHUL AHYA’UDDIN, 17201153393 (2020) IMPLEMENTASI METODE AN-NAHDLIYAH DALAM PENGUATAN KEMAMPUAN SANTRI MEMBACA AL-QUR’ĀN [STUDI KASUS DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’ĀN (TPQ) AL-FALAH NGAMPEL SELODONO RINGINREJO KEDIRI]. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (280kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (155kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (279kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (456kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (383kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (163kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (245kB) |
Abstract
ABSTRAK M. Miftakhul Ahya‟uddin, NIM. 17201153393, 2019 M, “Implementasi Metode An-Nahdliyah dalam Penguatan Kemampuan Santri Membaca Al-Qur‟ān [Studi Kasus di Taman Pendidikan Al-Qur‟ān (TPQ) Al-Falah Ngampel Selodono Ringinrejo Kediri]”, Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dosen pembimbing: Dr. H. Ali Rohmad, M.Ag. Kata Kunci: Implementasi Metode An-Nahdliyah, Penguatan Kemampuan Santri Membaca Al-Qur‟ān. Fokus penelitian: 1. Bagaimana implementasi metode An-Nahdliyah dalam penguatan kemampuan santri membaca Al-Qur‟ān di Taman Pendidikan Al-Qur‟ān Al-Falah Ngampel Selodono Ringinrejo Kediri ?; 2. Bagaimana implikasi dari implementasi metode An-Nahdliyah terhadap penguatan kemampuan santri membaca Al-Qur‟an di Taman Pendidikan Al-Qur‟an Al-Falah Ngampel Selodono Ringinrejo Kediri ?. Penelitian ini dengan dipandu teori Metode An-Nahdliyah, penulis belajar mengindahkan konstruksi “paradigma Islāmīy (bayānīy, burhānīy, „irfānīy)”, kendati perlu mengadop “paradigma postpositivistik-interpretif”, pendekatan penelitian kualitatif, rancangan penelitian studi kasus. Kehadiran penulis di lokasi penelitian mulai Kamis 19 September 2019. Sumber data: informan, peristiwa/aktivitas, dokumen/arsip, lingkungan Taman Pendidikan Al-Qur‟ān. Teknik pengumpulan data: Observasi-partisipan, Wawancara-mendalam, dan Dokumentasi yang disertai pembuatan Ringkasan Data. Prosedur analisis data: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data: triangulasi sumber, perpanjangan penelitian, ketekunan/keajegan pengamatan, pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian: 1. Implementasi Metode An-Nahdliyah dalam Penguatan Kemampuan Santri Membaca Al-Qur‟an adalah Pemilihan Metode An-Nahdliyah di TPQ Al-Falah dimana metode ini mudah dipahami oleh santri, dan juga sangat cepat pembelajarannya dibandingkan dengan yang lain; dilaksanakan setelah shalat ashar pada awal pembelajaran diawali dengan do‟a, kemudian pembelajaran 15 menit tutor, 30 menit privat, dan 15 menit membaca bersama; Penguatan kemampuan membaca Al-Qur‟an santri dengan pengulang-ulangan bacaan, penilaian menggunakan buku prestasi; bacaan santri sudah tartil; Bacaan santri sudah sesuai dengan qaidah tajwid, bacaan santri menjadi semakin baik, jelas, sesuai dengan tajwid, dan juga panjang pendek suatu bacaan juga sudah tepat. 2. Implikasi dari Implementasi Metode An-Nahdliyah terhadap Penguatan Kemampuan Santri Membaca Al-Qur‟an adalah untuk menghilangkan buta huruf Al-Qur‟an, dapat membaca Al-Qur‟an dengan baik dan benar, menjadikan santri berakhlakul karimah; santri pun menjadi bisa membaca Al-Qur‟an, bacaannya menjadi lancar, dan berpengaruh positif terhadap lingkungan sosial mereka yang nantinya bisa bermanfaat bagi semua orang dan sebagai modal utama menghadapi dinamika kehidupan masa depan yang semakin sarat persoalan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153393 M. MIFTAKHUL AHYA’UDDIN |
Date Deposited: | 20 Jan 2021 07:38 |
Last Modified: | 28 Apr 2021 03:02 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17807 |
Actions (login required)
View Item |