STRATEGI GURU DALAM IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF DI SD ISLAM MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG TULUNGAGUNG

MOHAMMAD FIHRI ABDUL HAMID, 1725143183 (2020) STRATEGI GURU DALAM IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF DI SD ISLAM MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama: M. Fihri Abdul Hamid. NIM: 1725143183. Skripsi. Jurusan: Tarbiyah Program Studi: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Judul: Strategi Guru Dalam Implementasi Model Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar Islam Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung. Pembimbing: Dr. Mochamad Arif Faizin, M.Ag. Kata Kunci: Strategi Guru, Implementasi model pembelajaran interaktif Konteks Penelitian: guru mempunyai peranan yang sangat penting dalam hal pencapaian tujuan belajar mengajar, karena guru merupakan orang yang paling bertanggung jawab terhadap kegiatan pembelajaran di sekolah. Peserta didik adalah subjek didik, dia bukan objek pendidikan yang siap diisi dengan ilmu pengetahuan dari otak guru seperti halnya sebuah botol yang siap diisi dengan air hingga penuh. Sebagai subjek didik dia memiliki otonomi diri yang ingin diakui keberadaannya sesuai dengan potensi kekuatan dan kelemahan yang dimilikinya. kegiatan pembelajaran harus mampu membuka motivasi, minat atau semangat siswa untuk semakin meningkatkan kualifikasi belajarnya tertutama dalam materi pembelajaran yang secara umum kurang mendapat dukungan oleh pihak-pihak tertentu, dalam konteks inilah diperlukan strategi pembeajaran. Fokus penelitian: 1). Model pembelajaran interaktif apa saja yang diterapkan guru di Sekolah Dasar Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung?, 2). Bagaimana langkah guru dalam mengimplemen-tasikan model pembelajaran interaktif di Sekolah Dasar Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung?, 3). Apa saja hambatan dalam pembelajaran interaktif yang diterapkan guru di Sekolah Dasar Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung? Tujuan Penelitian: 1). Untuk mengetahui model pembelajaran interaktif apa saja yang diterapkan guru di Sekolah Dasar Islam Miftahul Huda Ploso-kandang Kedungwaru Tulungagung. 2). Untuk mengetahui langkah guru dalam mengimplementasikan model pembelajaran interaktif di Sekolah Dasar Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung. 3). Untuk mengetahui hambatan apa saja dalam pembelajaran interaktif yang diterapkan guru di Sekolah Dasar Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung. Metode Penelitian: 1). Pendekatan penelitian: Kualitatif, 2). Kehadiran Peneliti: Peneliti hadir sebagai pengamat. 3). Lokasi Penelitian: SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung. 4). Data dan Sumber Data: Data penelitian bersifat kualitatif. Sumber data primer: Guru dan siswa. sumber data sekunder: dokumen. 5). Teknik Pengumpulan Data: a. Teknik Observasi partisipan, b. Teknik wawancara mendalam, dan c. Dokumentasi. 6). Teknik analisa data: teknik analisis induktif. Kesimpulan: 1). Model pembelajaran interaktif yang diterapkan guru di Sekolah Dasar Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung adalah bentuk pembelajaran yang menerapkan rekayasa pembelajaran dengan menciptakan kondisi partisipatoris, melalui suatu upaya aktif dan kreatif guru dalam pengembangan model pembelajaran interaktif. 2). Langkah guru dalam mengimplementasikan model pembelajaran interaktif di Sekolah Dasar Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung dengan mengawali melalui kajian materi belajar yang disesuaikan dengan metode dan aspek lainnya, dilaksanakan dengan mengedepankan unsur terlibat atau partisipasi siswa. sebagai akhir pembelajarannya adalah penarikan kesimpulan sebagai wujud kejelasan muatan pembahasan. 3). Hambatan dalam pembelajaran interaktif yang diterapkan guru di Sekolah Dasar Islam Miftahul HudaPlosokandang Kedungwaru Tulungagung bersumber dari keterbatasan baik keterbatasan waktu guru, keterbatasan fasilitas belajar mengajar dan keterbatasan dukungan baik dari masyarakat maupun pemerintah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143183 MOHAMMAD FIHRI ABDUL HAMID
Date Deposited: 21 Jan 2021 01:34
Last Modified: 28 Apr 2021 03:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17825

Actions (login required)

View Item View Item