ANALISIS PROSEDUR PELAYANAN ANGGOTA PEMBIAYAAN TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA DI BMT ISTIQOMAH TULUNGAGUNG DAN BMT PAHLAWAN TULUNGAGUNG

KURNIA DERIS SETIAWAN, 17401163014 (2020) ANALISIS PROSEDUR PELAYANAN ANGGOTA PEMBIAYAAN TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA DI BMT ISTIQOMAH TULUNGAGUNG DAN BMT PAHLAWAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (278kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (18kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (410kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (301kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Sistem Pelayanan Anggota Pembiayaan Terhadap Kepuasan Anggota di BMT Istiqomah Tulungagung dan BMT Pahlawan Tulungagung” yang ditulis oleh Kurnia Deris Setiawan NIM 17401163014, pembimbing Nurul Fitri Ismayanti, M.E.I. Latar belakang penelitian ini disebabkan karena timbulnya masalahmasalah dalam pembiayaan pada lembaga keuangan syariah. Khususnya dalam permasalahan pelayanan terhadap customer pembiayaan yang mengakibatkan dampak positif ataupun negatif terhadap lembaga keuangan syariah itu sendiri. Sehingga dalam proses pelayanan customer pembiayaan, perlu prosedur-prosedur yang akurat agar terciptanya kepuasan customer pembiayaan. Dalam permasalahan ini diperlukan analisis mengenai tingkat pelayanan dalam lembaga keuangan syariah, khususnya di BMT Tulungagung, yakni BMT Istiqomah dan BMT Pahlawan dimana kedua BMT tersebut selalu menjaga citranya dalam melayani anggota pembiayaan. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana proses pelayanan anggota pembiayaan di BMT Istiqomah Tulungagung dan BMT Pahlawan Tulungagung ? (2) Apakah sistem layanan pembiayaan telah memberi kepuasan anggota sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan ?. Tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan prosedur pelayanan anggota pembiayaan di BMT Istiqomah Tulungagung dan BMT Pahlawan Tulungagung. Dan untuk mengetahui implementasi pelayanan anggota pembiayaan telah sesuai dengan prosedur dan telah memberi kepuasan terhadap anggota pembiayaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dalam bentuk kata-kata dan bahasa. Data yang diambil dari primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) dalam prosedur yang ditetapkan pihak internal BMT telah sesuai dengan prinsip-prinsip syariah dan telah bervisi dan misi memberikan pelayanan untuk kepentingan anggota. (2) dalam proses pelayanan BMT telah memberikan kepuasan kepada anggota. Namun, terdapat implementasi pelayanan yang kurang sesuai dengan prosedur. Kata Kunci : Pelayanan Anggota, Kepuasan Anggota, BMT

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: S1 17401163014 KURNIA DERIS SETIAWAN
Date Deposited: 22 Jan 2021 02:08
Last Modified: 27 Apr 2021 06:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17840

Actions (login required)

View Item View Item