STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAQ DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MAN TRENGGALEK

ARDIN RAHA SISCO, 17201153457 (2020) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAQ DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (711kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (80kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “ strategi guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan karakter religius siwa di MAN Trenggalek ini di tulis oleh Ardin Raha Sisco, NIM. 17201153457, dosen pembimbing Kata Kunci : strategi guru, karakter religius Dampak perubahan budaya yang sangat pesat dan pengaruh budaya asing tidak sesuai dengan kultur sosial masyarakat setempat. Serta karakter siswa yang semakin hari semakin tidak sesuai dengan ajaran islam. Fenomena permasalahan diatas sudah tidak sesuai dengan tujuan pendidikan nasional yang mencetak generasi sosial dan beragama. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh fenomena tersebut. Maka Peneliti ingin memaparkan bagaimana strategi, hambatan dan dampak dari guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan karakter religius siswa di MAN Trenggalek dengan mengangkat judul Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa Di MAN Trenggalek. Fokus penelitian dalam penulisan karya ilmiah skripsi ini adalah (1) bagaimana strategi guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan karakter religius siswa di MAN Trenggalek (2) bagaimana hambatan dalam meningkatkan karakter religius siswa di MAN Trenggalek (3) bagaimana dampak dalam meningkatkan karakter religius di MAN Trenggalek. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1)untuk memaparkan strategi guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan karakter siswa di MAN Trenggalek (2) untuk memaparkan apa saja hambatan dalam meningkatkan karakter religius siswa di MAN Trenggalek (3) untuk memaparkan bagaimana dampak dari strategi guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan karakter religius siswa di MAN Trenggalek Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan lokasi penelitian di MAN Trenggalek, dan cara yang dilakukan untuik memperoleh data melalui (1) Observasi (2) wawancara (3) dokumentasi . kemudian menggunakan analisis data dengan menggunakan (1) Reduksi data (2) penyajian data (3) penarikan kesimpulan. Juga melaksanakan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan (1) perpanjang pengamatan (2) ketekunan pengamatan (3) Triagulasi (4) pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian bahwa : (1) strategi guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan karakter siswa, membuat budaya sopan santun di dalam lingkungan sekolah agar siswa memliki karakter yang bagus sesuai dengan yang di inginkan seperti berjabat tangan ketika mau masuk sekolah, mengucapkan salam ketika bertemu guru atau teman. Selain strategi kebiasaan di atas juga masih ada yang lainya, guru memberikan contoh perilaku yang baik dalam bersosial sesama mahluk Allah SWT. Mewajibkan semua siswa siswi melaksanakan sholat berjamaah. Dan memberikan progam Tahfidz Al-Qur’an beserta penjelasanmakna yang terkandung dalam ayat – ayat Al- Qur’an tersebut. (2) Hambatan dalam pembentukan karakter religius siswa di MAN Trenggalek adalah Faktor modeling atau menirukan peran yang dilihat melalui televisi, hanphone dan media sosial lainya, yang sebagaian besar siswa menirukan gaya berpakaian, bahasa dan pergaulan yang tidak sesuai dengan kultur budaya yang ada di daerah mereka. Faktor lingkungan yang kurang memadai dalam membentuk karakter religius siswa, dalam hal ini lingkungan sangat berpengaruh dalam meningkatkan karakter religius, jika lingkungan siswa tidak berpengaruh maka siswapun sulit juga dalam meningkatkan karakter religiusnya. Dan yang terakhir adalah faktor pengaruh teman sangatlah besar dalam pembentukan karakter religius siswa seperti halnya jika temen kita berbuat tak baik maka kita akan mengikuti nya. (3) Dampak stratrgi guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan karakter religius siswa di MAN Trenggalek adalah : siswa sadar dan taat akan perintah Agama atau Allah SWT, seperti sholat tanpa di suruh atau di opyak-opyak mereka sadar akan kewajiban masing-masing. Siswa memliki prilaku yang sopan santun kepada orang lain terlebih kepada orang yang lebih tua. Siswa baik dalam bergaulan dengan temen lainya sesuai dengan ajaran agama islam.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153457 ARDIN RAHA SISCO
Date Deposited: 21 Jan 2021 07:36
Last Modified: 26 Apr 2021 04:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17848

Actions (login required)

View Item View Item