STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANGGULANGI DEKADENSI MORAL PESERTA DIDIK DI MTsN 2 KOTA BLITAR

MOH. ALI, 17201163231 (2020) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANGGULANGI DEKADENSI MORAL PESERTA DIDIK DI MTsN 2 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (546kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (692kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (726kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (287kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini di tulis oleh:Moh Ali, NIM: 17201163231,Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri IAIN)Tulungagung,dengan judul,”Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Menanggulangi Dekadensi Moral Peserta Didik di MTsN 2 Kota Blitar”. Dosen Pembimbing oleh,Dr.H.ImamJunaris,S.Ag.,M.H.I.,NIP: 196902052003121005. Kata Kunci: Strategi Guru Akidah Akhlak dalam menanggulangi dekadensi moral Penulis ini dilatar belakangi karena paraknya kenakalan peserta didik pada akhir-akhir ini sumakin menarik perhatian, keserosotan moral pada zaman sekarang sudah banyak terjadi di kalangan pelajar, pada dasarnya dekadensi moral/kemerosotan moral dari peserta didik merupakan masalah yang dirasa sangat penting dan sangat menarik untuk di bahas baik didalam lembaga pendidikan maupun dilingkungan Masyarakat, karena peserta didik merupakan bagaian dari masa depan bangsa dan negara serta agama. Hal tersebut tentunya akan menjadi tugas tersendiri dari seoarng guru agama, orang tua, serta semua pihak yang ikut berpartisipasi secara adil dalam Menanggulangi Dekadensi Moral Peserta didik. Fokus penelitian skripsi ini adalah: (1) Bagimana Perencanaan strategi Guru akidah akhlak dalam Menanggulangi dekadensi moral perserta didik di MTsN 2 Kota Blitar.(2) Bagimana pelaksanaan strategi Guru akidah akhlak dalam Menanggulangi dekadensi moral perserta didik di MTsN 2 Kota Blitar.(3) Bagimana Evaluasi strategi Guru akidah akhlak dalam Menanggulangi dekadensi moral perserta didik di MTsN 2 Kota Blitar. Adapun tujuan dari Penelitian ersebut adalah:(1) mendriskripsikan Perencanaan Strategi Guru akidah akhlak dalam Menanggulangi dekadensi moral perserta didik di MTsN 2 Kota Blitar. (2) mendriskripsikan Pelaksanaan Strategi Guru akidah akhlak dalam Menanggulangi dekadensi moral perserta didik di MTsN 2 Kota Blitar. (3) mendriskripsikan Evaluasi Strategi Guru akidah akhlak dalam Menanggulangi dekadensi moral perserta didik di MTsN 2 Kota Blitar. Peneliitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber datanya dari Primer dan Skunde,teknik pengumpulan datanya Observasi,Wawancara yang mendalam,Dokumentasi, dengan langkah pengecekan keabsahan data: kredibilitas, Transfebilitas, dependibilitas dan Konfirmabilitas. Hasil dari penelitian ini, Peneliti menyimpulkan bahwa: (1) Perencanaan strategi Guru akidah akhlak dalam Menanggulangi dekadensi moral perserta didik yaitu: dengan mengunkan beberapa pelaksaan di anatarnya. (a). Guru akidah melakukan pembinaan moral peserta didik, dengan menggunakan pendekatan secara individual dan kelompok. pendekatan individual dengan menubuhkan kebiasaan peserta didik untuk beraklakul karimah. Sedangkan pendekatan kelompok dengan adanya program sholat berjama’ah. pringatan-pringatan hari besar islam, pondok ramdhan, serta peraturan tentang kedisplinan dan tatatertib sekolah. (b) Sekolah mempersiapkan beberapa program pendukung untuk dalam mengatasi terjadinya dekadensi moral dan membentuk akhlakul karimah siswayaitu dengan mengadakan PHBN dan PHBA, ekstra agama, ekstrakurikuler, MOS,dan kegiatan-kegiatan lainya. (c), Lembaga merencakan rapat Program Tahunan. (2).Pelaksanaan Guru Akidah Akhlak dalam menanggulangi dekadensi moral pada peserta didik di MTsN 2 Kota Blitar yaitu dengan, Melalui metode keteladanan, metode Pembiasaan, metode nasehat, metode hukuman, namun disini lain ada beberapa cara yang dilakukan oleh guru akidah, dalam mengatasi dekadensi moral di antaranya: melalui Pendekatan preventif (pencegahan),Bersifat kuratif atau korektif Penyembuhan. (3) Evaluasi Guru Akidah Akhlak dalam menanggulangi dekadensi moral pada peserta didik di MTsN 2 Kota Blitar, dalam evaluasi guru yang dilakukan guru akidah diantaranya, evaluasi yang mengacu pada tujuan, evaluasi dilakukan secara objektif, evaluasi bersifat komprehensif (menyeluruh), evaluasi secara terus-menurus (kontiu), Evaluasi dalam satu minggu satu kali, evaluasi melaui rapot siswa, evaluasi pada saat upacara.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163231 MOH. ALI
Date Deposited: 21 Jan 2021 07:50
Last Modified: 28 Apr 2021 03:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17857

Actions (login required)

View Item View Item