YOGI ANDARBENI, 17201153497 (2020) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PENANAMAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (477kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (725kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (858kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (536kB) |
||
|
Text
BAB IV.pdf Download (661kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (566kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (363kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (469kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Kata Kunci: Strategi Guru PAI, Pembinaan Akhlakul Karimah Tugas guru di sekolah adalah membina dan mendidik siswanya melalui Pendidikan Agama islam yang dapat membina dan membentuk akhlak para siswa dan mempraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Maka guru perlu menerapkan strategi dalam pembinaan Akhlakul Karimah siswa yang terdiri dari pendekatan, metode-metode dan evaluasiBerdasarkan hal tersebut maka peneliti termotivasi untuk mengadakan penelitian dan hasilnya dituangkan dalam Skripsi dengan judul Strategi Guru Guru Akidah Akhlak dalam Penanaman Akhlakul Karimah Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Trenggalek Tahun Ajaran 2019/2020. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Pendekatan Guru Guru Akidah Akhlak dalam Penanaman Akhlakul Karimah Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Trenggalek. (2) Pembiasaan Guru Akidah Akhlak dalam Penanaman Akhlakul Karimah Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Trenggalek. (3) Evaluasi Guru Guru Akidah Akhlak dalam Penanaman Akhlakul Karimah Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Jenis penelitian ini adalah studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menurut Miles dan Huberman terdapat 3 tahapan Reduksi data, Penyajian data (data display) dan menarik kesimpulan . Hasil penelitian ini adalah : (1) Bentuk Keteladanan Guru Akidah Akhlak dalam Penanaman Akhlakul Karimah siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Trenggalek melalui pendekatan individual dan kelompok. Pendekatan Guru dengan mengamati dan mengidentifikasi akhlaq siswa. Pendekatan Guru Akidah Akhlak dalam penanaman juga dilakukan dengan Pendekatan partisipatif yaitu melibatkan siswa dalam berAkhlakul Karimah di dalam kelas dan di luar kelas. (2) Pembiasaan yang dapat dilakukan oleh guru AA itu memang terdapat berbagai cara, di Madrasah Aliyah Negeri 1 Trenggalek sini menggunakan beberapa metode guna menanamkan dan membiasakan akhlakul Karimah siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Trenggalek terdiri dari Metode pemberian nasihat, Metode Keteladanan atau Uswah, dan metode Pembiasaan. (3) Evaluasi Guru Guru Akidah Akhlak dalam penanaman Akhlakul Karimah siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Trenggalek yaitu dengan evaluasi setiap metode pembiasaanyang diterapkan oleh guru. Evaluasi dalam terdiri proses membandingkan perilaku sebelum dan sesudah dievaluasi, Observasi dari pendidik, pihak terkait dan teman dan tindak lanjut. Bentuk tindak lanjut guru adalah dengan menggiatkan dan mengulangi metode-metode yang diterapkan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153497 YOGI ANDARBENI |
Date Deposited: | 22 Jan 2021 01:56 |
Last Modified: | 03 May 2021 03:12 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17865 |
Actions (login required)
View Item |