FENDI PRANSISKA, 17207163043 (2020) MANAJEMEN KESISWAAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DAN PENINGKATAN PRESTASI NON AKADEMIK SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTsN) 8 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (525kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (391kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (263kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (681kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (263kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (483kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (263kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (100kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Manajemen Kesiswaan dalam Pembentukan Karakter dan Peningkatan Prestasi Non Akademik Siswa di MTsN 8 Tulungagung” ini ditulis oleh Fendi Pransiska, NIM. 17207163043, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, pembimbing Dr. Agus Zainul Fitri, M.Pd. Kata Kunci: Manajemen Kesiswaan, Pembentukan Karakter, Peningkatan Prestasi Non Akademik Pendidikan merupakan upaya untuk meningkatkan pemikiran, tingkat kedewasaan, dan perilaku manusia. Pendidikan mengubah pola pikir manusia agar menjadi lebih baik, oleh karena itu setiap manusia berhak untuk mendapatkan pendidikan. Berbagai lembaga pendidikan berusaha memberikan layanan pendidikan yang baik untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan prestasi peserta didik. Dalam hal ini, manajemen kesiswaan memiliki peran penting penting dalam meningkatkan prestasi, kemajuan belajar, bakat dan kemampuan peserta didik baik dalam bidang akademik maupun non akademik. Dalam hal ini, penulis mengambil salah satu lembaga pendidikan yakni MTsN 8 Tulungagung sebagai objek penelitian. Sekolah ini memiliki karakteristik manajemen kesiswaan yang berbeda dari sekolah lain. Yang menjadi perbedaan adalah ciri khas sekolah ini mengedepankan pendidikan karakter akhlaqul karimah. Hal inilah yang membuat penulis merasa tertarik untuk menelitinya lebih dalam. Fokus penelitian ini adalah (1) perencanaan penerimaan peserta didik dalam pembentukan karakter dan peningkatan prestasi non akademik siswa di MTsN 8 Tulungagung, (2) implementasi pembinaan peserta didik dalam pembentukan karakter dan peningkatan prestasi non akademik, (3) evaluasi peserta didik dalam pembentukan karakter dan peningkatan prestasi non akademik siswa di MTsN 8 Tulungagung. Jika dilihat dari sumber datanya, peneitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Sedangkan jenis datanya, pendekatan yang digunakan termasuk penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga teknik, yaitu wawancara mendalam, observasi partisipan, dan studi dokumentasi. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis secara induktif dengan tiga tahap, yakni: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini meliputi: (1) Perencanaan penerimaan peserta didik baru terdiri dari (a) sistem perencanaan penerimaan, pembentukan kepanitiaan, menentukan daya tampung peserta didik berdasarkan dari ketentuan Kementerian Agama dan dilihat dari daya tampung madrasah juga, (b) sistem penerimaan peserta didik dengan sistem promosi Roadshow ke sekolah-sekolah tingkat SD/MI sederajat, seleksi ada dua jalur yaitu jalur prestasi dan jalur reguler, (c) kriteria penerimaan peserta didik baru dilihat berdasarkan umur, pendidikan, nilai minimal, nilai seleksi dan daya tampung, (d) prosedur penerimaan peserta didik baru melalui pembentukan kepanitiaan berasal dari unsur guru dan karyawan yang dibantu olehWaka Kesiswaan, Waka Kurikulum, Waka Humas, dan Waka Sarana dan Prasarana, pembentukan panitia sudah ditentukan di dalam Rencana Kerja Tahunan atau buku Program Kerja MTsN 8 Tulungagung selama satu tahun, pengumuman pendaftaran PPDB melaui banner, brosur, dan website madrasah, hasil pengumuman penerimaan peserta didik di umumkan di papan pengumuman dan website, lalu pendaftaran ulang. (2) Implementasi pembinaan peserta didik dalam pembentukan karakter dan peningkatan prestasi non akademik siswa di MTsN 8 Tulungagung, terdiri dari (a) pembinaan kedisiplinan peserta didik dengan adanya buku tata tertib siswa, skor pelanggaran tata tertib menggunakan sistem poin, (b) pembinaan non akademik meliputi dua yakni pembiasaan diri dan pengembangan diri atau ekstrakurikuler, (3) Evaluasi peserta didik dalam pembentukan karakter dan peningkatan prestasi non akademik siswa di MTsN 8 Tulungagung terdiri dari (a) evaluasi peserta didik melalui monitoring dan supervisi, (b) untuk evaluasi kemajuan belajar pesera didik melalui ulangan harian, ujian tengah semester, dan ujian akhir semester, (c) evaluasi peserta didik dilaksanakan pada saat selesai pelaksanaan pengambilan rapot kenaikan kelas, dan dan setelah hasil Ujian Nasional Keluar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 17207163043 FENDI PRANSISKA |
Date Deposited: | 25 Jan 2021 02:28 |
Last Modified: | 27 Apr 2021 03:23 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17892 |
Actions (login required)
View Item |