PUJI AYU ASTUTIK, 17201163134 (2020) STRATEGI GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN MUSLIM SISWA MTs AL MUSLIHUUN TLOGO KANIGORO BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (684kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (409kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (98kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (307kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (604kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (287kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (294kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (329kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (103kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Aqidah Akhlak dalam Membentuk Kepribadian Muslim Siswa MTs Al Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar” ini ditulis oleh Puji Ayu Astutik, NIM. 17201163134, pembimbing Dr. H. Asrof Safi’i, M.Ag. Kata Kunci: Strategi Guru, Aqidah Ahkak, Kepribadian Muslim Penelitian ini dilakukan di MTs Al Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar. Penelitian ini di latarbelakangi oleh fenomena pada lingkungan pendidikan yang dihadapkan kepada zaman yang lebih berat dan modern. Yaitu suatu orientasi dimana pendidikan harus mengarah pada ilmu-ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan adanya modernisasi membawa kemajuan dan peningkatan kesajahteraan masyarakat. Namun, disisi lain membawa pula dampak negatif yang mengarah pada perusakan moral. Dalam hal ini guru aqidah akhlak sangat diperlukan dalam membentuk kepribadian muslim siswa yang sesuai dengan nilai-nilai moral dan nilai-nilai keagamaan. Oleh karena itu guru akidah akhlak harus mempunyai cara cara terbaik atau mempunyai strategi yang baik untuk meningkatkan ketrampilan beragaman maupun kepribadian muslim dalam diri seorang siswa.Maka peneliti tertarik untuk meneliti Strategi Guru Aqidah Akhlak dalam Membentuk Kepribadian Muslim Siswa MTs Al Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi pembelajaran ekspositori guru aqidah akhlak dalam membentuk kepribadian muslim siswa MTs Al Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar? (2) Bagaimana strategi pembelajaran inquiry guru aqidah akhlak dalam membentuk kepribadian muslim siswa MTs Al Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar? (3) Bagaimana strategi pembelajaran kooperatif guru aqidah akhlak dalam membentuk kepribadian muslim siswa MTs Al Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran ekspositori guru aqidah akhlak dalam membentuk kepribadian muslim siswa MTs Al Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar. (2) untuk mengetahui strategi pembelajaran inquiry guru aqidah akhlak dalam membentuk kepribadian muslim siswa MTs Al Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar. (3) untuk mengetahui strategi pembelajaraan kooperatif guru aqidah akhlak dalam membentuk kepribadian muslim siswa MTs Al Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis deskriptif. Sumber data penelitian dibagi tiga; people (orang) yaitu guru akidah akhlak dan siswa, place (tempat) yaitu MTs Al Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar, paper (kertas/dokumen) yaitu melalui kertas-kertas (buku, majalah, dokumen, arsip, dan lain-lain), papan pengumuman, papan nama, dan sebagainya. Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini meliputi: credibility,transferbility,dependability, dan confirmability. Hasil penelitian ini adalah: (1) Strategi pembelajaran ekspositori guru aqidaakhlakdalam membentuk kepribadian muslim siswa adalah Guru menyiapkan segala kesiapan materi, membentuk kepribadian, dan mengkondisikan kelas menjadi alternatif untuk mencapai keberhasilan strategipembelajaran ekspositori dalam membentuk kepribadian muslim siswa.(2) Strategi Pembelajaran Inquiry Guru Aqidah Akhlak dalam Membentuk Kepribadian Muslim Siswa adalah saat proses pembelajaran berlangsung memberikan kebebasan siswa dalam bertanya tentang materi yang belum paham. Dengan begitu membentuk kepribadian saat pembelajaran dan hasilnya bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. (3) Strategi Pembelajaran Kooperatif Guru Aqidah Akhlak dalam Membentuk Kepribadian Muslim Siswa adalah sebagai guru harus mampu menciptakan suasana yang terbuka dan saling menghargai, sehingga setiap siswa dapat mengembangkan kemampuan dalam menyampaikan pengalaman atau gagasan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201163134 PUJI AYU ASTUTIK |
Date Deposited: | 29 Jan 2021 03:53 |
Last Modified: | 29 Apr 2021 02:46 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17917 |
Actions (login required)
View Item |