MOCHAMAD FAJAR NURROHCHIM, 17201163115 (2020) BAHASA HUMOR DAN PENERAPANYA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (775kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (91kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (99kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (266kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (289kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (597kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (166kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Bahasa Humor dan Penerapanya dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Skripsi. Tulungagung: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, 2020. Peneliti: Mochamad Fajar Nurrohchim (172011163115). Dosen pembimbing : Abdul Aziz Faradi, M.Hum. Latar belakang dari penelitian ini adalah banyaknya guru yang memberikan materi yang hanya sekedar memberikan materi tanpa memberikan pengetahuan kepada siswa-siswanya. Cara penyampaian materi dianggap menjadi faktor utama menurunnya motivasi dan semangat saat kegiatan belajar mengajar berlangsung. Para siswa beranggapan bahwa materi yang disampaikan terasa membosankan, sulit dipahami, bahkan mungkin merasa bahwa materi yang disampaikan tidak memiliki manfaat.Bahasa humor menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan minat, motivasi, dan semangat para siswa. Humor sangat diperlukan untuk membentuk emosi dan juga interaksi antara guru dan siswa. Humor dapat memudahkan guru dalam menyampaikan materi kepada siswa-siswanya. Konsep bahasa humor dapat direalisasikan dalam berbagai macam teknik, pendekatan, serta metode. Rumusan masalah dari penelitian ini 1) Bagaimana konsep penerapan bahasa humor dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, 2) Bagaimana pendekatan dan metode bahasa humor dalam proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, 3) Bagaimana efektivitas bahasa humor dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Penelitian mengambil objek penelitian dari buku buku, jurnal, paper, dan juga website tentang penerapan bahasa humor dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Penulis menggunakan penelitian kepustakaan atau biasa disebut dengan Library Research yang merupakan salah satu metode yang digunakan untuk memperoleh data dari sumber-sumber yang terpercaya tentang topik yang sedang dibahas. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa 1) Bahasa humor dapat direalisasikan dalam berbagai macam teknik, pendekatan serta metode dalam proses pembelajaran khususnya dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. 2) Dalam penerapanya, metode ceramah dinilai merupakan metode yang paling tepat jika jumlah siswa yang diajar cukup banyak. Tentunya metode ini juga harus dilakukan dengan langkah-langkah yang tepat, pada waktu yang disarankan, serta menggunakan teknik sesuai dengan yang telah dipaparkan pada bab IV. 3) Bahasa humor cukup efektif digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di sekolah. Bahasa humor menjadi salah satu strategi yang dimanfaatkan oleh guru dalam memberikan materi, agar siswa tidak mudah jenuh sehingga mudah mengantuk dan menurunnya fokus belajar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201163115 MOCHAMAD FAJAR NURROHCHIM |
Date Deposited: | 27 Jan 2021 05:14 |
Last Modified: | 28 Apr 2021 03:16 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17943 |
Actions (login required)
View Item |