PEMBENTUKAN AKHLAKUL KARIMAH MELALUI METODE USWAH HASANAH DI MTSN 6 TULUNGAGUNG

MUH. HAMDAN MASRURI, 17201163315 (2020) PEMBENTUKAN AKHLAKUL KARIMAH MELALUI METODE USWAH HASANAH DI MTSN 6 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (148kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (48kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (603kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (194kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pembentukan Akhlakul Karimah Melalui Metode Uswah Hasanah di MTsN 6 Tulungagung” ini ditulis oleh Muh. Hamdan Masruri, NIM 17201163315, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, 2020, Pembimbing Drs. Nurul Hidayat, M.Ag Kata Kunci: Akhlak, Uswah Hasanah. Penelitian yang dilakukan di MTsN 6 Tulungagung ini dilatar belakangi dengan pentingnya sikap siswa yang masih labil dan rentan dengan pengaruh luar, yang mengharuskan guru untuk memberikan contoh yang baik seperti tawadhu’, kasih sayang, tolong menolong. Dengan harapan, siswa mampu memunculkan uswah hasanah melalui apa yang dicontohkan oleh guru. Fokus penelitian ini adalah; 1) Bagaimana pembentukan akhlak tawadhu’ melalui metode uswah hasanah di MTsN 6 Tulungagung ? ; 2) Bagaimana pembentukan akhlak kasih sayang melalui metode uswah hasanah di MTsN 6 Tulungagung ? ; 3) Bagaimana pembentukan akhlak tolong-menolong melalui metode uswah hasanah di MTsN 6 Tulungagung ? Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data diakukan dengan beberapa langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data mengguakan perpanjangan kehadiran peneliti di lapangan, observasi diperdalam, triangulasi, dan diskusi dengan teman sejawat. Hasil dari penelitian ini diantaranya, 1) guru mencontohkan tawadhu’ melalui kebiasaan apabila bertemu dengan guru lain atau atasan, guru mencontohkan tawadhu’ dengan selalu menghargai pendapat orang lain agar merasa bukan yang terbaik, guru juga mencontohkan melalui spiritual dengan mengajak untuk sholat berjamaah, 2) Penerapan metode uswah hasanah dalam membentuk sikap kasih sayang, guru selalu memberlakukan siswa dengan adil dan selalu bersikap sabar apabila ada siswa yang butuh perhatian khusus, 3) Penerapan metode uswah hasanah dalam membentuk sikap tolong menolong, guru melakukan kunjungan atau menjenguk siswa yang sakit dan terkena musibah, guru melaksanakan tugas dan taat dengan peraturan sekolah maupun agama untuk mencontohkan rasa tanggung jawab kepada siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 17201163315 Muh. Hamdan Masruri
Date Deposited: 27 Jan 2021 05:03
Last Modified: 28 Apr 2021 03:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17945

Actions (login required)

View Item View Item