ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF DI BAITUL MAAL WAT TANWIL MUAMALAH TULUNGAGUNG DAN BAITUL MAAL WAT TANWIL PAHLAWAN TULUNGAGUNG

GALUH LINTANG ARUM GAYATRI, 17401163259 (2020) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF DI BAITUL MAAL WAT TANWIL MUAMALAH TULUNGAGUNG DAN BAITUL MAAL WAT TANWIL PAHLAWAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (171kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan jumlah anggota produk pembiayaan murabahah di kedua lembaga tersebut lebih banyak diminati masyarakat daripada produk pembiayaan lainnya. Sehingga dengan meningkatnya kecenderungan inilah yang menjadi motivasi peneliti untuk meneliti bagaimana strategi pemasaran yang mereka terapkan untuk memperoleh anggota pembiayaan yang tiap tahunnya selalu mengalami kenaikan. Fokus penelitian ini adalah: (1) bagaimana penerapan strategi pemasaran produk pembiayaan murabahah dalam meningkatkan keunggulan kompetitifdi dua lembaga tersebut?; (2) bagaimana kendala yang dihadapi pada pelaksanaan strategi pemasaran produk pembiayaan murabahah dalam meningkatkan keunggulan kompetitif di dua lembaga tersebut?; dan (3) bagaimana solusi yang dilakukan dua lembaga tersebut untuk mengatasi kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan strategi pemasaran produk pembiayaan murabahah dalam meningkatkan keunggulan kompetitif?. Dalam penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Data-data yang digunakan adalah data primer dan sekunder yang diperoleh peneliti melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data-data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik analisis data model interatif. Dan untuk menetapkan keabsahan data digunakan teknik triagulasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa: (1) penerapan strategi pemasaran yang dilakukan BMT Muamalah Tulungagung dan BMT Pahlawan Tulungagung yaitu dengan melakukan jenis strategi pemasaran yang tidak membeda-bedakan pasar, strategi pemasaran yang membeda-bedakan pasar, dan strategi pemasaran yang terkonsentrasi. (2) kendala internal BMT Muamalah Tulungagung yaitu kurangnya tenaga marketing yang professional dan minimnya sumber pendanaan, kendala eksternalnya yaitu persaingan dari lembaga lain dan minimnya pengetahuan anggota terhadap produk pembiyaan lain. Sedangkan kendala internal BMT Pahlawan Tulungagung yaitu terbatasnya SDM, dan minimnya sumber pendanaan, kendala eksternalnya yaitu persaingan dari lembaga lain dan kurangnya tingkat kepercayaan masyarakat terhadap BMT. (3) solusi dari kendala internal BMT Muamalah Tulungagung yaitu menambah pembekalan kepada bagian marketing sebelum terjun ke lapangan, dan meningkatkan jumlah sumber pendanaan, solusi dari kendala eksternalnya yaitu menunjukkan keunggulan-keunggulan BMT itu sendiri dan meningkatkan sosialisasi produk-produk BMT kepada anggota. Sedangkan solusi kendala internal BMT Pahlawan Tulungagung yaitu meningkatkan SDM, dan meningkatkan jumlah sumber pendanaan, solusi dari kendala eksternalnya yaitu menunjukkan keunggulan-keunggulan BMT itu sendiri, dan meningkatkan sosialisasi lembaga keuangan syariah BMT kepada masyarakat luas. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Keunggulan Kompetitif

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 17401163259 GALUH LINTANG ARUM GAYATRI
Date Deposited: 26 Jan 2021 06:08
Last Modified: 27 Apr 2021 03:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17958

Actions (login required)

View Item View Item