GUS MIFTAH DAN PEKERJA DUNIA MALAM (Studi Isi Pesan Dakwah dalam Video YouTube Kyai Nyentrik Episode Terrace Cafe dan Pasar Kembang Yogyakarta)

YULIKA PURWANINGSIH, 17304163013 (2020) GUS MIFTAH DAN PEKERJA DUNIA MALAM (Studi Isi Pesan Dakwah dalam Video YouTube Kyai Nyentrik Episode Terrace Cafe dan Pasar Kembang Yogyakarta). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (593kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (317kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (686kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (789kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (600kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (972kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (301kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (420kB)

Abstract

Yulika Purwaningsih, 17304163013, “Gus Miftah dan Pekerja Dunia Malam (Studi Isi Pesan Dakwah dalam Video YouTube Kyai Nyentrik Episode Terrace Cafe dan Pasar Kembang Yogyakarta)”, Skripsi 2020, Program Strata satu, Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing Luthfi Ulfa Ni’amah M.Kom.I. Kata kunci: Pesan Dakwah, Media Sosial YouTube, Pekerja Dunia Malam. Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang semakin pesat, menjadikan segala kegiatan sangat mudah untuk dilakukan, salah satunya adalah berdakwah. Saat ini berdakwah bisa melalui apa saja, tidak melulu hadir dalam majelis taklim. Berdakwah bisa melalui media baru yaitu YouTube. Penyebaran dakwah melalui YouTube dipilih karena memiliki jangkauan yang luas dan mudah diakses berbagai kalangan, selain itu YouTube juga menjadi media sosial yang paling aktif dan digemari di Indonesia per tahun 2019, yaitu sebanyak 88%. Maka dari itu, YouTube juga dimanfaatkan oleh da’i asal Yogyakarta yang viral karena menyebarkan dakwahnya pada pekerja dunia malam, Gus Miftah. Penyebaran dakwah pada pekerja dunia malam ini dilakukan Gus Miftah karena baginya setiap manusia butuh dekat dengan Tuhannya, akan tetapi sebagian dari mereka tidak tahu bagaimana memulai dan mengawalinya. Menyebarkan dakwah pada dunia malam memang tidaklah mudah, seorang da’i harus pintar memilih pesan dakwah yang akan disampaikan sesuai dengan keadaansang mad’u.Dengan begitu pada penelitian ini, peneliti ingin mengetahui pesan dakwah yang disampaikan Gus Miftah dalam video dakwahnya di YouTube episode Terrace Cafe edisi 13 Oktober 2019 dan Pasar Kembang edisi 17 April 2018. Untuk mengetahui isi pesan dakwah yang disampaikan Gus Miftah dalam kedua video tersebut, penelitian ini menggunakan metode analisis wacana Teun A. Van Dijk. Metode ini akan memiliki tiga tingkatan yakni struktur makro, superstruktur, dan struktur mikro, sehingga akan tampak secara rinci isi pesan yang disampaikan. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa isi pesan dakwah yang disampaikan Gus Miftah kepada pekerja dunia malam, dapat diketahui dari beberapa transkip dakwahnya. Gus Miftah lebih banyak menyampaikan pesan yang mengandung aqidah dan akhlak, serta dalam setiap dakwahnya selalu disisipi potongan ayat atau kitab ataupun hadis-hadis yang digunakan sebagai penunjang untuk menyakinkan para mad’u. Bahasa yang digunakan pun modifikasi antara Bahasa Indonesia, Arab dan Jawa, akan tetapi lebih sering menggunakan bahasa Indonesia dan Jawa, mengingat yang menjadi sasaran dakwahnya juga kebanyakan dari daerah Jawa. Dalam menyampaikan pesan dakwahnya, Gus Miftah juga melihat terlebih dahulu kondisi dan keadaan mad’u nya, agar dakwah yang disampaikan dapat diterima dan tidak terkesan menggurui satu sama lain.

Item Type: Skripsi
Subjects: Komunikasi Islam
Penyiaran Islam
Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: 17304163013 YULIKA PURWANINGSIH
Date Deposited: 26 Jan 2021 06:41
Last Modified: 03 May 2021 03:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17964

Actions (login required)

View Item View Item