STRATEGI GURU Al-QUR’AN HADITS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS AL-QUR’AN SISWA MA UNGGULAN BANDUNG TULUNGAGUNG

INDAH SHOLIKATUN, 17201163255 (2019) STRATEGI GURU Al-QUR’AN HADITS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS AL-QUR’AN SISWA MA UNGGULAN BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (810kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (201kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (210kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (579kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (836kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (377kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan “Strategi Guru Al-Qur’an Hadits dalam Meningkatkan kemampuan Membaca dan Menulis Al-Qur’an Siswa MA Unggulan Bandung Tulungagung” yang ditulis oleh Indah Solikatun, NIM 17201163255, dibimbing oleh Bapak Mustofa, SS., M.Pd Kata kunci: Strategi Guru, Kemampuan Membaca, Kemampuan Menulis Strategi peningkatan kemampuan membaca dan menulis, penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan peserta didik dalam membaca dan menulis Al-Qur’an. Peserta didik bisa dikatakan paham jika kemampuan membaca dan menulisnya itu seimbang. Seimbang di sini bisa diartikan jika peserta didik dalam membaca itu mengerti dan paham akan apa yang dibacanya. Sama halnya dalam menulis, peserta didik harus paham apa yang ditulisnya. Jika peserta didik sudah mampu membaca dan menulis dengan baik maka akan lebih mudah lagi dalam menulis atau membaca Al-Qur’an. Peningkatan kemampuan membaca dan menulis peserta didik dalam membaca atau menulis Al-Qur’an nantinya jelas akan berguna bagi kehidupan nya di masa yang akan mendatang. Apalagi jika terus dilatih membaca dan menulis Al-Qur’an, maka akan menambah kemampuan membaca dan menulis tersebut. Maka dari itu peneliti mengambil tema meningkatan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an. Pertanyaan penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi guru al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa MA Unggulan Bandung Tulungagung? (2) Bagaimana hambatan strategi guru al- Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa MA Unggulan Bandung Tulungagung? (3) Bagaimana dampak strategi guru al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa MA Unggulan Bandung Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk memaparkan strategi guru al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa MA UNggulan Bandung Tulungagung. (2) Untuk memaparkan hambatan strategi guru al-Qur’an Hadits dalam meningkat kemampuan membaca dan menulis siswa MA Unggulan Bandung TUlungagung. (3) Untuk memaparkan dampak strategi guru al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa MA Unggulan Bandung Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya adalah deskripsi study kasus. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan skunder. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis datanya sesuai model interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan uji kredibilitas, keteralihan, kebergantungan, dan kepastian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru al-Qur’an Hadits di MA Unggulan Bandung Tulungagung yaitu, (1) Menerangkan. (2) Memahami. (3) Menulis. Hambatan strategi guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an diantaranya yaitu: (1) Kurangnya sarana prasarana. (2) Kurangnya pemahaman dalam membaca Al-Qur’an. (3) Kurangnya kedisiplinan peserta didik dalam mengikuti peraturan sekolah. (4) Kemalasan peserta didik. Dampak strategi dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an diantara yaitu: (1) Peserta didik paham dalam membaca dan menulis Al-Qur’an. (2) Peserta didik lebih disiplin pada peraturan sekolah. (3) Peserta didik lebih terampil dalam menulis lafadz Al-Qur’an.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163255 INDAH SHOLIKATUN
Date Deposited: 27 Jan 2021 03:11
Last Modified: 27 Apr 2021 04:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17987

Actions (login required)

View Item View Item