KESALAHAN PENGGUNAAN HURUF KAPITAL DAN TANDA BACA DALAM TEKS CERITA PENDEK KARYA SISWA KELAS XI MAN 1 TRENGGALEK

MIFTAHULLOH SWASTI AGENG NUR MUSYAHADAH, 17210163017 (2020) KESALAHAN PENGGUNAAN HURUF KAPITAL DAN TANDA BACA DALAM TEKS CERITA PENDEK KARYA SISWA KELAS XI MAN 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (932kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul "Kesalahan Penggunaan Huruf Kapital dan Tanda Baca dalam Teks Cerita Pendek Karya Siswa Kelas XI MAN 1 Trenggalek" ini ditulis oleh Miftahulloh Swasti Ageng Nur Musyahadah, NIM 17210163017. Pembimbing: Mustofa, S.S., M.Pd. Kata kunci: huruf kapital, tanda baca, teks cerpen. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena bahwa masih terdapat banyak kesalahan penggunaan huruf kapital dan tanda baca yang terjadi pada karya tulis siswa. Peneliti melakukan penelitian tentang kesalahan penggunaan huruf kapital dan tanda baca agar siswa dapat menulis dengan lebih baik dan benar. Fokus penulis dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kesalahan penggunaan huruf kapital dalam teks cerpen karya siswa kelas XI MAN 1 Trenggalek? (2) Bagaimana kesalahan penggunaan tanda baca dalam teks cerpen karya siswa kelas XI MAN 1 Trenggalek?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan penggunaan huruf kapital dan tanda baca dalam teks cerpen karya siswa kelas XI MAN 1 Trenggalek. Skripsi ini bisa bermanfaat bagi guru mata pelajaran bahasa Indonesia sebagai bahan untuk evaluasi dalam melaksanakan pengajaran bahasa Indonesia. Bagi siswa mampu memperbaiki hasil tulisannya sehinga mampu menulis dengan menggunakan huruf kapital dan tanda baca dengan baik dan benar. Bagi pembaca atau peneliti selanjutnya mampu menjadi referensi atau bahan masukan untuk penelitian selanjutnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari hasil wawancara dan karya siswa yaitu teks cerpen karya siswa. Teknik analisis data menggunakan teknik dokumentasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan membaca seluruh teks cerpen karya siswa, manganalisis kesalahan penggunaan huruf kapital dan tanda baca dalam teks cerpen karya siswa sesuai jenis kesalahannya, serta membuat kesimpulan. Hasil analisis kesalahan penggunaan huruf kapital dan tanda baca dalam teks cerpen karya siswa menunjukkan bahwa terjadi kesalahan pada 10 jenis penggunaan huruf kapital dan 8 jenis tanda baca pada seluruh teks cerpen karya siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Skripsi 17210163017 Miftahulloh Swasti Ageng Nur Musyahadah
Date Deposited: 29 Jan 2021 07:02
Last Modified: 28 Apr 2021 03:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18019

Actions (login required)

View Item View Item