PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SDIT ROUDLOTUL JANNAH SELOPURO BLITAR

GINDA RETNO NIKMATU ROHMAH, 1725143108 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SDIT ROUDLOTUL JANNAH SELOPURO BLITAR. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (975kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (435kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (9kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (415kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (516kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (571kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (815kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (25kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran Diorama Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDIT Roudlotul Jannah Selopuro Blitar” ini ditulis oleh Ginda Retno Nikmaturohmah dengan Promotor Dr. Eny Setyowati, S.Pd., M.M dan Dr. Mohamad Jazeri, M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan, Media Diorama, Hasil Belajar. Di era zaman sekarang ini pendidik dituntut untuk kreatif dalam mengembangkan media pembelajaran, terutama media pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berfikir siswa dan mengembangkan ide-ide yang ada dalam pikiran peserta didik. Pemerintah juga menetapkan pembelajaran IPA sebagai salah satu mata pelajaran yang wajib ditempuh terutama dalam jenjang sekolah dasar. Kemudian pengembangan media diorama dalam pembelajaran IPA ini didasarkan pada temuan masalah di lapangan yaitu belum tersedianya media pembelajaran yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik serta pendidik. Media diorama merupakan sebuah alternative dalam mempelajari materi IPA, dikemas sesuai dengan materi yang ada dan memperhatikan aspek kebutuhan peserta didik. Memanfaatkan karateristik bahan yang digunakan dalam membuat media diorama yang tahan lama, dapat dimanfaatkan dan dibawa didalam ruangan kelas maupun diluar ruangan kelas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1)Bagaimana desain pengembangan media pembelajaran diorama dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDIT Roudlotul Jannah Selopuro Blitar?; (2)Bagaimana kelayakan media diorama dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDIT Roudlotul Jannah Selopuro Blitar ?; (3)Bagaimana pengaruh media pembelajaran diorama dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDIT Roudlotul Jannah Selopuro Blitar? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) adaptasi model Borg & Gall yang disederhanakan menjadi tujuh tahapan yaitu potensi dan masalah; mengumpulkan data dan informasi; desain produk; validasi desain; revive desain; uji coba produk; dan revisi produk. Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka hasil pengembangan media diorama sebagai berikut: (1) Media diorama ini didesain semenarik mungkin dengan mempertimbangkan kebutuhan siswa dan kurikulum yang ada. Media juga di desain dengan menggunakan bahan yang tahan lama agar tidak mudah rusak. Dari seluruh aspek yang dipertimbangkan kemudian diujikan ke lapangan kepada siswa dan memperoleh hasil skor rata-rata 95%. (2) Berdasarkan hasil analisis data tentang kelayakan media menunjukkan bahwa hasil uji validasi ahli media memperoleh skor rata-rata 91%, hasil uji validasi ahli materi memperoleh skor rata-rata 83%, hasil validasi ahli bahasa memperoleh skor rata-rata 31%. (3) Untuk melihat pengaruh media terhadap hasil belajar siswa dapat dilihat berdasarkan perhitungan Independent sample t-test diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0, 000 dan sig level sebesar 0,05 yang menunujukkan nilai sig (2-tailed) < sig level (0,000 < 0,05). Hal ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan media diorama ekosistem pada siswa kelas V SDIT Roudlotul Jannah Selopuro Blitar.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: Nikmaturoh 12505184012 Ginda Retno Nikmaturohmah
Date Deposited: 28 Jan 2021 08:53
Last Modified: 27 Apr 2021 03:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18023

Actions (login required)

View Item View Item