MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DI SMAN 1 CAMPURDARAT

KARTIKA MAI WULANDARI, 17207163096 (2020) MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DI SMAN 1 CAMPURDARAT. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (29MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa” disusun oleh Kartika Mai Wulandari, 17207163096, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, di bimbing oleh Ibu Dr. Sulistyorini, M.Ag. Kata Kunci: Kepala Madrasah, Prestasi Belajar, Siswa Penelitian ini membahas tentang manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMAN 1 Campurdarat. Sekolah merupkan sebuah lembaga pendidikan yang memiliki komponen inti yaitu terdiri dari input, proses, dan output. Komponen-komponen tersebut tidak dapat dipisahkan satu sama lain karena merupakan satu kesatuan utuh yang saling terkait, terikat, mempengaruhi, membutuhkan dan menentukan. Kemudian mutu pendidikan sangat terngantung pada kecakapan kepemimpinan kepala sekolah, yang merupakan seorang pejabat yang professional dalam satuan pendidikan yang bertugas mengatur semua sumber daya organisasi pendidikan dan bekerja sama dengan tenaga kependidikan dalam upaya mendidik siswa untuk mencapai tujuan pendidikan. Fokus penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan manajemen sepala sekolah dalam meningkatkan prestasi siswa di SMAN 1 Campurdarat (2) Bagaimana pengorganisasian manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi siswa SMAN 1 Campurdarat? (3) Bagaimana pelaksanaan manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi siswa di SMAN 1 Campurdarat (4) Bagaimaa pegawasan menajemen kepala sekolah dalam meninkatkan prestasi siswa di SMAN 1 Campurdarat?. Skripsi ini bertujuan (1) Untuk mengetahui perencanaan managemen kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi siswa SMAN 1 Campurdarat (2) Untuk mengetahui pegrgaisasia managemen kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi siswa SMAN 1 Campurdarat (3) Untuk mengetahui pelaksanaan manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi siswa SMAN 1 Campurdarat (4) Untuk megetahui pegawasan manajemen kepala seklah dalam meningkatkan prestasi siswa di SMA 1 Campurdarat. Skripsi ini bermanfaat bagi sekolah, hasil penelitian ini dapat dijadikan pijakan atau masukan dalam rangka menyempurnakan manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMAN 1 Campurdarat Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif, dengan mengambil latar manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMAN 1 Campurdarat. Sumber data yang di ambil dari kepala sekolah, waka kurikulum, guru, dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data meliputi perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi Hasil analisis data ditemukan bahwa: (1) Perencanaa kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi siswa di SMAN 1 Campurdarat. Dalam sebuah prosesperencanaan ada beberapa hal yang perlu di perhatikan seperti kebutuhan utaman dalam sekolah tersebut, pembiayaan, dan pengelolaan (2) Proses perencanaan kepala sekolah perlu di realisasikan melalui organisasi yang ada di sekolah, baik dalam sekolah maupun luar sekolah. Dengan seperti itu organisasi sekolah akan membentuk atau membuat program kegiatan yang menyangkut prasional yang perlu di lakukan dalam sekolah dengan tujuan meningkatkan prestasi siswa baik dalam Akademik maupun Non Akademik (3) . Pelaksanaan tugas dan tanggung jawab yang telah di bagi dalam struktur atau tulisan setiap kepala sekolah memiliki cara nya masing-masing dalam melaksanakan kegiatan (4) Adapun tujuan evaluasi pendidik ataupun pengelola pengajaran mengadakan evaluasi atau penilaian dengan maksud melihat apakah usaha yang di lakukan melalui pengajaran sudah mencapai tujuan atau tidak dan kesesuaian dengan perencanaan yang telah dilaksanakan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 17207163096 KARTIKA MAI WULANDARI
Date Deposited: 01 Feb 2021 04:42
Last Modified: 27 Apr 2021 06:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18047

Actions (login required)

View Item View Item