ANALISIS STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN LEMBAGA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Multikasus pada Universitas Islam Balitar dan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Muslihuun Blitar )

HANIK AMARIA, 17508164020 (2018) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN LEMBAGA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Multikasus pada Universitas Islam Balitar dan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Muslihuun Blitar ). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (150kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (284kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (721kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (98kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB)

Abstract

ABSTRAKSI Amaria, Hanik. 17508164020, 2018. “Analisis Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Sebagai Upaya Peningkatan Lembaga dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Multikasus Pada Universitas Islam Balitar dan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Muslihuun Blitar)”. Pembimbing 1: Dr. H. Dede Nurrohman, M.Ag ; Pembimbing 2: Dr. H. Mashudi, M.Pdi. Pelayanan pendidikan kini telah berkembang menjadi industri jasa yang berbasis pada prinsip-prinsip ekonomi. Hal ini terilhat dari sifat kompetitif yang menjadi dasar pengembangan mutu pelayanan pendidikan. Berbagai Strategi dilakukan dalam jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang secara terus menerus untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran jasa pendidikan tinggi di wilayah Blitar mengenai strategi pemasaran jasa pendidikan sebagai upaya peningkatan lembaga dalam perspektif ekonomi Islam. Tujuan penelitian ini yaitu pertama, Menganalisis Strategi pemasaran jasa yang dilakukan UNISBA dan STIT Al Muslihuun Blitar dalam perspektif ekonomi Islam. kedua, Mengetahui Peningkatan Lembaga Pendidikan UNISBA dan STIT Al Muslihuun Blitar. Ketiga, menjelaskan kendala yang dihadapi dalam mengimplementasikan strategi pemasaran di UNISBA dan STIT Al Muslihuun Blitar. Keempat menjelaskan solusi yang dilakukan UNISBA dan STIT Al Muslihuun Blitar untuk mengatasi kendala yang dihadapi dalam mengimplementasikan strategi pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dengan rancangan multisitus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik sampling. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Adapun informan penelitian di situs pertama yaitu Universitas Islam Balitar-Blitar adalah Rektor, Wakil Rektor 1 , Kepala Bagian Akademik dan Kepala Unit Penerimaan Mahasiswa Baru. Sementara disitus ke dua adalah Wakil Ketua, Kepala Bagian Kependidikan dan Staf Bagian Pendaftaran dan IT. Setelah data diperoleh kemudian data di analisis dengan analisis situs tunggal dan analisis data lintas situs. Kemudian pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi data sumber dan metode. Hasil penelitian ini menunjukkan 9 komponen bauran strategi pemasaran di UNISBA dan STIT Al Muslihuun Blitar, sama sama menekankan membentuk citra perguruan tinggi dengan melakukan pengelolaan yang taat azas sesuai peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah. Strategi Promosi yang dilakukan sama-sama menggunakan brosur, pamflet, baliho, radio dan televisi. Namun lebih jauh lagi di UNISBA dalam hal promosi juga melakukan telemarketing dan bekerjasama dengan lembaga konsultas perguruan tinggi (KPT) dari Bandung. Peningkatan lembaga pendidikan di UNISBA dan STIT Al Muslihuun Blitar terdapat perbedaan yang signifikan. Peningkatan dari dimensi kualitas dan kuantitas lebih banyak diraih oleh UNISBA daripada STIT Al Muslihuun Blitar hal ini dikarenakan jumlah program Studi di UNISBA lebih banyak. Kendalayang dihadapi oleh UNISBA dan STIT Al Muslihuun Blitar dalam mengimplementasikan strategi pemasaran jasa pendidikan sebagai upaya mewujudkan peningkatan lembaga memiliki kendala yang sama yaitu dalam hal biaya. Solusi yang dilakukan oleh UNISBA dan STIT Al Muslihuun Blitar dalam rangka mengatasi kendala dalam mengimplementasikan strategi pemasaran jasa sebagai upaya peningkatan lembaga yaitu sama-sama mencari donatur lain selain dari yayasan dan dana pendidikan Saran dalam penelitian ini adalah Brand atau citra yang dibentuk seharusnya mengikuti perkembangan zaman. Selanjutnya dalam hal penciptaan brand atau citra pada masyarakat dan calon mahasiswa harus betul-betul dicermati tentang pemenuhan janjinya. Tenaga pendidik yang direkrut harus benar-benar memiliki kompetensi dan profesional dalam mengembangkan lembaga. Karena tidak dapat dipungkri Pendidik dan Tenaga Kependidikan merupakan motor penggerak utama dalam pemasaran jasa pendidikan tinggi. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Peningkatan Lembaga, Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ekonomi Syariah
Depositing User: 17508164020 HANIK AMARIA
Date Deposited: 08 Feb 2021 02:19
Last Modified: 08 Feb 2021 02:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18064

Actions (login required)

View Item View Item