EFEKTIVITAS TEKNIK PROBING-PROMPTING LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMPN 7 KEDIRI TAHUN 2019/2020 PADA MATERI LINGKARAN

BAGUS SETIYAWAN, 17204163252 (2020) EFEKTIVITAS TEKNIK PROBING-PROMPTING LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMPN 7 KEDIRI TAHUN 2019/2020 PADA MATERI LINGKARAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (518kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (275kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (421kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (549kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (402kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (321kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (84kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Efektivitas Teknik Probing-Prompting Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 7 Kediri Tahun 2019/2020 pada Materi Lingkaran” ditulis oleh Bagus Setiyawan, NIM. 17204163252, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: Dr. Muniri, M. Pd. Kata Kunci: Probing-Prompting Learning, Kemampuan Komunikasi Matematis. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan komunikasi matematis siswa dan rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran matematika. Hal ini disebabkan oleh kegiatan belajar mengajar di kelas yang masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Sehingga kegiatan belajar mengajar kurang menarik. Selain itu saat ini seharusnya kegiatan belajar mengajar sudah dituntut untut pembelajaran menganut K-13 yang berpusat pada siswa (student centre). Sehingga peneliti menggunakan teknik probing-ptompting learning dimana nantinya siswa terlibat secara aktif dalam pembelajaran sehingga memungkinkan pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa yang menerapkan teknik probing prompting learning, 2) untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa yang menerapkan model pembelajaran konvensional, 3) untuk mengetahui efektif mana antara siswa yang menerapkan teknik probing prompting learning dan siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VIII SMPN 7 Kediri. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Sedangkan sampel pada penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas VIII H sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII I sebagai kelas control. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Dalam analisis peneliti menggunakan analisis data uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) kemampuan komunikasi matematis siswa yang menerapkan pembelajaran teknik probing-prompting learning menunjukkan level 2 dengan dengan prsentase 38,71%, (2) kemampuan komunikasi matematis siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional menunjukkan 1 dengan presentase 43,75%, (3) pembelajaran teknik probing-prompting learning lebih efektif meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163252 Bagus Setiyawan
Date Deposited: 05 Feb 2021 04:14
Last Modified: 26 Apr 2021 07:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18093

Actions (login required)

View Item View Item