ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH FUNDING (PENGHIMPUNAN DANA) DI PT BANK MUAMALAT INDONESIA KCP TULUNGAGUNG

SAVIRO PRIMA RIZKI PRATAMA, 17401163302 (2020) ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH FUNDING (PENGHIMPUNAN DANA) DI PT BANK MUAMALAT INDONESIA KCP TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (159kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (370kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan Judul “Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Nasabah Funding (Penghimpunan Dana) di PT. Bank Muamalat Indonesia KCP Tulungagung” ini ditulis oleh Saviro Prima Rizki Pratama, NIM. 17401163302, pembimbing Muhamad Aqim Adlan, M.E.I. Yang melatarbelakangi penelitian ini adalah pesatnya perkembangan perbankan syariah di Indonesia, salah satu produk andalan yang ditawarkan oleh Perbankan Syariah di Indonesia adalah Produk Funding (Penghimpunan Dana) dengan berbagai macama akad yang ditawarkan. Fokus dari penelitian ini adalah a) bagaimana strategi komunikasi pemasaran terpadu yang selama ini digunakan oleh PT. Bank Muamalat Indonesia KCP Tulungagung untuk meningkatkan jumlah nasbaah penghimpunan dana?, b) kendala apa saja yang dihadapi oleh PT.Bank Muamalat Indonesia KCP Tulungagung dalam melaksanakan strategi komunikasi pemasaran terpadu?, c) solusi apa saja yang dipilih PT. Bank Muamalat Indonesia KCP Tulungagung untuk menghadapi kendala dalam melaksanakan strategi komunikasi pemasaran terpadu? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Data data yang diperoleh dan digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer dan data sekunder yang didapatkan dari hasil wawancara, observasi, serta dokumentasi yang dilakukan oleh peneliti. Hasil penelitian yang ditemukan adalah 1) Strategi komunikasi pemasaran terpadu yang digunakan oleh PT. Bank Muamalat Indonesia KCP Tulungagung adalah sebagai berikut; iklan, pemasaran langsung, pemasaran interaktif, promosi penjualan, hubungan masyarakat, dan penjualan personal. Semua strategi yang dipilih oleh pihak bank dirasa cukup efektif untuk dpaat menambah jumlah nasabah penghimpunan dana. 2) Adapun beberapa kendala yang dihadapi PT. Bank Muamalat Indonesia KCP Tulungagung dalam menjalankan strategi komunikasi pemasaran. Kendala yang pertama yaitu kendala internal yaitu, kurangnya SDM (Sumber Daya Manusia) dan minimnya inovasi produk. sedangkan untuk kendala eksternal yaitu, persaingan dari lembaga keuangan lain dan bencana alam yang merugikan pihak bank. Bencana alam yang cukup merugikan pihak bank di tahun 2020 ini adalah adanya wabah Covid-19 yang sangat merugikan beberapa. 3) adapun solusi yang dimiliki oleh PT. Bank Muamalat Indonesia KCP Tulungagung dalam menghadapi berbagai kendala yang dihadapi dalam menjalankan strategi komunikasi pemasaran terpadu antara lain; solusi dari kendala internal yaitu membuat program recruitment untuk menambah jumlah SDM (Sumber Daya Manusia) dan memperluas target pemasaran untuk menjadi sasaran produk baru. sedangkan solusi dari kendala eksternal yaitu memunculkan roduk baru untuk mengimbangi lembaga keuangan lainnya dan memperbaruhi sistem operasional dengan menyesuaikan keadaan yang sedang terjadi. Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran Terpadu, Penghimpunan Dana, Strategi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 17401163302 SAVIRO PRIMA RIZKI PRATAMA
Date Deposited: 01 Feb 2021 04:33
Last Modified: 26 Apr 2021 04:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18099

Actions (login required)

View Item View Item