PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA PEDULI LINGKUNGAN HIDUP DI SEKOLAH (Studi Multisitus di SMK Negeri 1 Trenggalek dan SMK Negeri 1 Pogalan Trenggalek)

WINDA ARI SETIAWAN, 12506174068 (2019) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA PEDULI LINGKUNGAN HIDUP DI SEKOLAH (Studi Multisitus di SMK Negeri 1 Trenggalek dan SMK Negeri 1 Pogalan Trenggalek). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (980kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Peran Guru Pendidikan Agam Islam dalam Mengembangkan Budaya Peduli Lingkungan Hidup di Sekolah (Studi Multisitus SMKN 1 Trenggalek dan SMKN 1 Pogalan Trenggalek” ini di tulis oleh Winda Ari Setiawan, NIM. 12506174068, Pembimbing I Dr. H. Zaini, S.Ag, M.PdI dan Pembimbing II Prof. Dr. H. Maftukhin, M.Ag. Kata Kunci: Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Budaya Peduli Lingkungan Hidup. Konteks penelitian ini yaitu adanya sebuah fenomena dimana zaman yang semakin modern ini menuntut manusia untuk berkembang dan lebih maju bahkan sampai lepas kendali, sehingga keinginan besar manusia untuk menguasai alam sangat besar, namun sekolah berupaya agar para peserta didik tidak menyimpang tauhid dan akhlaknya, maka diberikannya pembelajaran pendidikan agama Islam berwawasan lingkungan hidup. Fokus pertanyaan: (1) Bagaimana peran guru dalam merencanakan pembelajaran pendidikan agama Islam berwawasan lingkungan hidup di SMKN 1 Trenggalek dan SMKN 1 Pogalan Trenggalek?. (2) Bagaimana peran guru dalam melaksanakan pembelajaran pendidikan agama Islam berwawasan lingkungan hidup di SMKN 1 Trenggalek dan SMKN 1 Pogalan Trenggalek?. (3) Bagaimana peran guru dalam mengevaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam berwawasan lingkungan hidup di SMKN 1 Trenggalek dan SMKN 1 Pogalan Trenggalek?. Metode Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif, dan jenis penelitiannya multisitus, dengan teknik pengumpulan data yaitu: Wawancara mendalam, Observasi partisipan dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknis analisis data menggunakan analisis deskriptif yang meliputi: Reduksi data, Penyajian data dan Verivikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam berwawasan lingkungan hidup. a) Adanya perubahan visi, misi, dan tujuan sekolah. b) Mata pelajaran terintegrasi ke dalam program sekolah peduli lingkungan hidup. c) Penanaman nilai etika lingkungan Islam. (2) Budaya peduli lingkungan hidup di sekolah. a) Berkembangnya program budaya peduli lingkungan hidup di sekolah. b) Kerjasama dengan beberapa lembaga. c) Sosialisasi luar sekolah. (3) Hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan budaya peduli lingkungan hidup. a) Terwujudnya visi, misi, tujuan dan motto sekolah b) Berpengaruhnya terhadap akhlak dan budi pekerti peserta didik. c) Keberhasilan lembaga dalam menanamkan nilai-nilai religius.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12506174068 WINDA ARI SETIAWAN
Date Deposited: 04 Feb 2021 05:00
Last Modified: 03 May 2021 03:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18103

Actions (login required)

View Item View Item