ANALISIS KESALAHAN PENULISAN AFIKSASI DALAM KARANGAN EKSPOSISI SISWA KELAS VIII-9 DI MTSN 1 TULUNGAGUNG

LUINA RIGHI WILLIANTI, 17210163010 (2020) ANALISIS KESALAHAN PENULISAN AFIKSASI DALAM KARANGAN EKSPOSISI SISWA KELAS VIII-9 DI MTSN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER .pdf

Download (561kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (361kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (30kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Luina Righi Willianti, NIM. 17210163010 “Analisis Kesalahan Penulisan Afiksasi dalam Karangan Eksposisi Siswa Kelas VIII-9 di MTsN 1 Tulungagung”. Skripsi. Program Studi Tadris Bahasa Indonesia. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing: Mustofa, S.S., M.Pd. Kata Kunci: Kesalahan penulisan afiksasi, teks eksposisi. Penelitian ini disebabkan sering terjadi kesalahan penulisan afiksasi pada teks ekposisi yang dilakukan oleh siswa. Bahkan mereka sudah terbiasa menulis tanpa memperhatikan kaidah bahasa indonesia. Hal ini disebabkan ketidaktahuan siswa dalam penggunaan afiksasi, sehingga mengakibatkan siswa belum mampu memahami penggunaan afiksasi secara tepat dan benar. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kesalahan penulisan afiksasi dalam karangan eksposisi siswa kelas VIII-9 di MTsN 1 Tulungagung; (2) Apa yang menyebabkan munculnya kesalahan penulisan afiksasi dalam karangan eksposisi siswa kelas VIII-9 di MTsN 1 Tulungagung; (3) Apa dampak yang muncul akibat kesalahan penulisan afiksasi dalam karangan eksposisi siswa kelas VIII-9 di MTsN 1 Tulungagung. Tujuan penulisan ini adalah: (1) Mendeskipsikan kesalahan penulisan afiksasi dalam karangan eksposisi siswa kelas VIII-9 di MTsN 1 Tulungagung; (2) Menjelaskan penyebab munculnya kesalahan penulisan afiksasi dalam karangan eksposisi siswa kelas VIII-9 di MTsN 1 Tulungagung; (3) Menjelaskan dampak yang muncul akibat kesalahan penulisan afiksasi dalam karangan eksposisi siswa kelas VIII-9 di MTsN 1 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII-9 MTsN 1 Tulungagung. Objek penelitian ini yaitu berupa teks eksposisi yang dihasilkan siswa kelas VIII-9 MTsN 1 Tulungagung. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan membaca secara keseluruhan teks eksposisi siswa, kemudian dianalisis kesalahan penulisan afiksasi dalam teks eksposisi siswa kelas VIII-9 MTsN 1 Tulungagung. Hasil analisis bentuk kesalahan penulisan afiksasi dalam teks eksposisi siswa adalah terdapat 1 kesalahan penulisan prefiks meN-, kesalahan penulisan prefiks di- yang dipisah dengan kata dasar 2 bagian, kesalahan penulisan prefiks di- yang digabung dengan kata dasar 16 bagian, kesalahan penulisan sufiks –nya 1 bagian, dan kesalahan pada penulisan konfiks 7 bagian.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Luina 17210163010 Luina Righi Willianti
Date Deposited: 02 Feb 2021 04:32
Last Modified: 28 Apr 2021 02:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18132

Actions (login required)

View Item View Item