PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MA MA’ARIF UDANAWU BLITAR

Jilda Aminatu Zahrok, Jilda (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MA MA’ARIF UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (703kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (482kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (596kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (152kB)
[img] Text
0. daftar rujukan.pdf

Download (199kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap kemampuan mengemukakan pendapat dan hasil belajar matematika siswa kelas XI MA Ma’arif Udanawu Blitar” ini ditulis oleh Jilda Aminatu Zahrok NIM 3214113093 dibimbing oleh Drs. Muniri, M.Pd. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT), Kemampuan Mengemukakan Pendapat, Hasil Belajar. Pembelajaran selama ini hanya difokuskan kepada hasil, Sehingga aktivitas siswa dalam mengemukakan pendapat pada kegiatan pembelajaran kurang mendapat perhatian, padahal kemampuan mengemukakan pendapat siswa bisa menjadi salah satu tolak ukur dalam tercapainya ketuntasan belajar siswa. Kurang maksimalnya proses kegiatan belajar mengajar di sekolah, karena guru masih menggunakan paradigma pembelajaran lama dalam arti komunikasi pembelajaran matematika cenderung satu arah umunya hanya dari guru ke siswa guru lebih mendominasi pembelajaran maka pembelajaran cenderung monoton sehingga mengakibatkan siswa merasa jenuh. Dengan adanya variasi model pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran kooperati yang berbentuk diskusi kelompok dapat melatih kerjasama antar siswa dan keberanian siswa dalam mengungkapkan pendapatnya di dalam kelas mengenai materi yang dipelajarinya. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Apakah ada pengaruh antara model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) terhadap kemampuan mengemukakan pendapat matematika kelas XI MA Ma’arif Udanawu Blitar ? (2) Apakah ada pengaruh antara model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) terhadap hasil belajar matematika kelas XI MA Ma’arif Udanawu Blitar ? (3) Apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) terhadap kemampuan mengemukakan pendapat dan hasil belajar matematika kelas XI MA Ma’arif Udanawu Blitar ?, Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah (1) Untuk mengetahui adanya pengaruh antara model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) terhadap kemampuan mengemukakan pendapat matematika kelas XI MA Ma’arif Udanawu Blitar. (2) Untuk mengetahui adanya pengaruh antara model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) terhadap hasil belajar matematika kelas XI MA Ma’arif Udanawu Blitar. (3) Untuk mengetahui adanya model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) terhadap kemampuan mengemukakan pendapat dan hasil belajar matematika kelas XI MA Ma’arif Udanawu Blitar. Pendekatan penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MA Ma’arif Udanawu Blitar. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purpose sampling. Sampel yang digunakan, yaitu kelas XI IPS 7 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol. Sampel berjumlah 71 siswa. Teknik pengumpulan data (1) Observasi kemampuan mengemukakan pendapat dan (2) tes. Teknik analisis data hasil observasi dan hasil belajar siswa adalah rumus t-test. Hasil penelitian menunjukkan, (1) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap kemampuan mengemukakan pendapat siswa kelas XI MA Ma’arif Udanawu Blitar. Hal ini terbukti siswa yang sebelumnya merasa malu mengemukakan pendapat, dengan dilaksanakanya model pembelajaran kooperatif yang berbentuk diskusi kelompok dapat merangsang siswa berani dalam mengemukakan pendapat. Demikian juga dengan Hasil belajar siswa, (2) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI MA Ma’arif Udanawu Blitar. Dari hasil penelitian juga ditemukan bahwa pemahaman siswa terhadap materi limit fungsi tergolong baik dan siswa juga aktif dalam kerja serta diskusi kelompok. Dalam upaya kemajuan dan keberhasilan pelaksanaan proses belajar mengajar diharapkan seorang guru dapat memilih model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk mendorong siswa lebih aktif dalam proses belajar mengajar. Sekaligus dapat meningkatkan kreatifitas dan keberanian siswa dalam mengembangkan kemampuannya dalam mengemukakan pendapat khususnya matematika sehingga dapat mencapai tujuan yang diharapkan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: jilda jilda jilda aminatu zahrok
Date Deposited: 18 Sep 2015 07:58
Last Modified: 18 Sep 2015 07:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1817

Actions (login required)

View Item View Item