PERAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DESA (Studi Kasus : Bumdes Desa Sambitan, Pakel, Tulungagung)

IFAH SYAMIMI, 17402163340 (2021) PERAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DESA (Studi Kasus : Bumdes Desa Sambitan, Pakel, Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (308kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (290kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa (Study Kasus : BUMDes Desa Sambitan, Pakel, Tulungagung)” ini ditulis oleh Ifah Syamimi, NIM 17402163340, Pembimbing Dr.Chusnul Chotimah, M.Ag. Penelitian ini dilatar belakangi oleh Program pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Sambitan Tulungagung. Salah satu usaha yang dilakukan oleh pemerintah untuk mengembangkan pembangunan Desa adalah dengan cara mendirikan BUMDes dengan mengoptimalkan beberapa Unit usaha terdiri dari Unit Simpan Pinjam, Unit usaha Pom Mini, Unit Usaha SAM-SAM (Sumber Air Bersih) sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Sambitan kecamatan pakel kabupaten Tulungagung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa peran BUMDes Desa Sambitan sebagai fasilitator, Mediator dan Motivator dengan indikator kesejahteraan masyarakat Desa Sambitan, dan untuk menganalisa Faktor Pendukung serta Faktor Penghambat BUMDes Desa Sambitan. Dalam penelitian ini menggunakan jenis kualitatif pendekatan fenomelogi naturalistik dari sumber data dalam penelitian ini adalah menggunakan data primer dan data sekunder. Tekhnik yang digunakan dari pengumpulan data yaitu tekhnik wawancara, tekhnik observasi dan tekhnik dokumentasi. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa telah menjalankan perannya dengan baik. Dimana Pertama peran BUMDes meliputi: a. Peran BUMDes sebagai Fasilitator adalah perencanaan perkembangan usaha pengemasan air mineral, menyediakan fasilitas simpan pinjam dalam hal ini bisa membantu masyarakat untuk pemgembangan modal usaha, meyediakan fasilitas pom mini menjalankan usaha penjualan barang yang dibutuhkan masyarakat, b. Peran BUMDes sebagai Mediator adalah monitoring pihak pengelola BUMDes untuk melakukan observasi dan wawancara lansung kepada anggota simpan pinjam mengenai kendala, c. Peran BUMDes sebagai Motivator adalah memotivasi masyarakat untuk mengikuti pelatihan usaha agar masyarakat mempunyai jiwa wiarusaha, Kedua peran BUMDes sudah dijalankan dengan baik maka pencapaian pendapatan, pendidikan, kesehatan, serta perumahan warga mengalami peningkatan maka indikator kesejahteraan bisa dicapai, serta Ketiga Faktor pendukung BUMDes yaitu adanya dukungan dari pemerintah Desa, Dan Keempat Faktor penghambat BUMDes yaitu kemampuan dan kualitas Pengurus badan Usaha Desa (BUMDes) yang relatif rendah. Kata Kunci: Peran BUMDes sebagai Fasilitator, Mediator, Motivator, Faktor Pendukung, Faktor Penghambat, Kesejahteraan Masyarakakat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 17402163340 IFAH SYAMIMI
Date Deposited: 03 Feb 2021 07:19
Last Modified: 03 Feb 2021 07:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18174

Actions (login required)

View Item View Item