EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TYPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS PADA SISWA KELAS VII SMPN 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

Fata Sodiqul Amin, Fata (2015) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TYPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS PADA SISWA KELAS VII SMPN 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (736kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
0. DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (132kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Type Numbered Heads Together (NHT) Ditinjau Dari Kecerdasan Logis Matematis Pada Siswa Kelas VII Smpn 2 Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Fata Sodiqul Amin, NIM. 3214113072, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Matematika, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Syaiful Hadi,M.pd. Kata kunci: Efektivitas, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT), Kecerdasan Logis Matematis Kondisi Pendidikan Indonesia dinilai memiliki kualitas yang masih rendah. terutama pada mata pelajaran matematika. hal ini disebabkan karena kualitas Pendidik yang hanya mementingkan hasil daripada proses, sehingga kurang memperhatikan kegiatan siswa dan cenderung monoton dalam menyampaikan materi pembelajaran. Dalam hal ini peneliti berusaha meneliti keefektifan pembelajaran matematika di SMPN 2 sumbergempol dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengolah pembelajaran matematika kelas VII SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif type NHT (Numbered Heads Together). (2) Untuk mendeskripsikan aktivitas siswa dengan model pembelajaran kooperatif type NHT (Numbered Heads Together) ditinjau dari kecerdasan logis matematis pada siswa kelas VII SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan respon siswa dengan model pembelajaran kooperatif type NHT (Numbered Heads Together) ditinjau dari kecerdasan logis matematis. pada siswa kelas VII SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung. (4) Untuk mengetahui hasil belajar dengan model pembelajaran kooperatif type NHT (Numbered Heads Together) pada siswa kelas VII SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. dikatakan penelitian deskriptif yaitu penelitian yang berusaha untuk menuturkan pemecahan masalah yang ada sekarang berdasarkan data-data. tindakan, dll., secara holistik, dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran matematika di SMPN 2 Sumbergempol dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together adalah efektif. Hal ini dibuktikan dengan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran 81,75% dengan kriteria baik, persentase aktivitas siswa selama proses pembelajaran 83,33% dengan kriteria baik, persentase respons siswa terhadap pembelajaran 82,87% dengan kriteria baik dan ketuntasan hasil belajar siswa 80,95% dengan kriteria tuntas. Dari data tersebut terlihat bahwa pembelajaran matematika adalah Efektif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: fata fata fata sodiqul amin
Date Deposited: 18 Sep 2015 07:59
Last Modified: 18 Sep 2015 07:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1818

Actions (login required)

View Item View Item