NURIL ILMA QORIANA, 17306163045 (2020) PENGEMBANGAN KARTU KARIR SEBAGAI MEDIA PEMAHAMAN KARIR SISWA DI MI HASYIM ASY’ARI PONGGOK. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (469kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (383kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (13kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (456kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (104kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (218kB) |
Abstract
ABSTRAK Nuril Ilma Qoriana. 2020. “Pengembangan Kartu Karir sebagai Media Pemahaman Karir di MI Hasyim Asy’ari Ponggok”. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, IAIN Tulungagung. Pembimbing: Desika Nanda Nurvita, M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan, Media Kartu Karir, Pemahaman Karir Tantangan dunia kerja saat ini adalah mengedepankan sumber daya manusia yang unggul. Persaingan yang semakin ketat menuntut siswa untuk memiliki kesadaran dalam berkarir sejak dini. Oleh karena itu, jika siswa memahami karir sejak awal, maka dapat mewujudkan dirinya sebagai pribadi yang unggul. Berdasarkan studi awal peneliti melalui wawancara dan need assessment yang dilakukan di MI Hasyim Asy’ari, terdapat kendala yaitu metode yang diterapkan guru membuat siswa merasa bosan, sehingga diperlukan pengembanganmedia. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk kartu karir sebagai media pemahaman karir di MI Hasyim Asy’ari Ponggok yang memenuhi kriteria akseptabilitas yaitu kebergunaan, kelayakan, ketepatan, dan kemenarikan. Produk yang dihasilkan terdiri dari media kartu karir dan buku panduan penggunaan media kartu karir. Penelitian ini menggunakan metode Research dan Development. Langkah-langkah dalam penelitian ini yaitu penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk, uji validasi ahli, dan revisi produk. Pengembangan kartu karir sebagai media pemahaman karir siswa menunjukkan bahwa: (1) berdasarkan uji ahli media diperoleh hasil sangat baik.(2) berdasarkan ahli materi BK diperoleh sangat baik, (3) berdasarkan uji ahli bahasa diperoleh hasil sangat baik. Jadi, dapat ditarik kesimpulan bahwa kartu karir sebagai media pemahaman karir siswa di MI Hasyim Asy’ari Ponggok telah memenuhi kriteria akseptabilitas. Meskipun demikian, penelitian ini memiliki beberapa keterbatasan yaitu (1) topik informasi yang disajikan terbatas pada siswa MI Hasyim Asy’ari kelas tinggi, (2) jenis pekerjaan yang disajikan hanya memuat 10 jenis pekerjaan, (3) penelitian ini dilakukan hanya sampai uji validasi ahli. Peneliti mengajukan saran kepada beberapa pihak yaitu, (1) untuk guru pembimbing agar benar-benar mengaplikasikan media yang telah dikembangkan, (2) untuk siswa agar memanfaatkan media dengan maksimal, (3) untuk pengembangan produk selanjutnya, diharapkan dapat mengujicobakan produk kepada siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam |
Depositing User: | 17306163045 NURIL ILMA QORIANA |
Date Deposited: | 03 Feb 2021 08:30 |
Last Modified: | 28 Apr 2021 07:02 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18192 |
Actions (login required)
View Item |