PERAN GURU DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 4 PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI AL HIDAYAH 02 BETAK KALIDAWIR TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2019/2020

SITI MUNAWAROH, 17205163140 (2021) PERAN GURU DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 4 PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI AL HIDAYAH 02 BETAK KALIDAWIR TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2019/2020. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Guru dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di MI Al - Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Siti Munawaroh; NIM: 17205163140, yang dibimbing oleh Bapak Muhammad Ridho Al Qodri Sri Utomo, M. A. Keberhasilan suatu pembelajaran tentu tak lepas dari peran seorang guru sebagai seorang yang mendidik siswa di sekolah. Guru adalah orang yang bekerjanya mengajar, mendidik, membimbing, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik. Dalam proses pembelajarannya, guru dituntut untuk mampu memberikan motivasi belajar kepada siswa agar tercipta suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan dan memberikan hasil belajar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana Motivasi Belajar Siswa Kelas 4 pada Pada Pembelajaran Tematik di MI Al-Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung? 2) Apa Saja Hambatan-Hambatan Guru dalam Memotivasi Siswa Kelas 4 pada Pembelajaran Tematik Kelas 4 di MI Al-Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung 3) Bagaimana Peran Guru dalam Menumbuhkan Motivasi kepada Siswa Kelas 4 pada Pembelajaran Tematik di Mi Al-Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui Motivasi Belajar Siswa Kelas 4 pada Pembelajaran Tematik di MI Al-Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung. 2) Untuk Mengtahui Hambatan-Hambatan Guru dalam Memotivasi Siswa Kelas 4 pada Pembelajaran Tematik di MI Al-Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung 3) Untuk mengetahui Peran Guru dalam Menumbuhkan Motivasi kepada Siswa Kelas 4 pada Pembelajaran Tematik di Mi Al-Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung Metode yang digunakan pendekatan penelitian yaitu pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian adalah MI Al- Hidayah 02 Betak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dengan menggunakan teknik trianggulasi. Data dianalisis dengan mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: 1) motivasi belajar siswa kelas 4 pada pembelajaran tematik di MI Al-Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung ini adalah motivasi instrinsik dan ekstrinsik 2) Hambatan-hambatan Kurangnya fasilitas media pembelajaran yang ada disekolah. Seperti ruang kelas, dan LCD, alat peraga. Berbagai kemampuan peserta didik, latar belakang atau lingkungan peserta didik, dan karakter peserta didik. Kurangnya buku-buku panduan dan latihan soal-soal yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar 3) peran guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa elas 4 pada pembelajaran tematik di MI Al-Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung ini adalah menumbuhkan minat belajar siswa, menciptakan suasana menyenangkan dalam belajar, memberikan pujian, memberikan nilai, meberikan reward/hadiah dan memberikan hukuman. Kata kunci: Peran guru, Motivasi Belajar

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 17205163140 SITI MUNAWAROH
Date Deposited: 17 Sep 2021 02:43
Last Modified: 17 Sep 2021 02:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18214

Actions (login required)

View Item View Item