PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI SEGIEMPAT DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA DI MTs QOMARUL HIDAYAH TUGU TRENGGALEK

WAHYU MAWADATUL HABIBAH, 17204163004 (2020) PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI SEGIEMPAT DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA DI MTs QOMARUL HIDAYAH TUGU TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (429kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (120kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (211kB)

Abstract

ABSTRAK Wahyu Mawadatul Habibah. 17204163004. 2020. Pemahaman Konsep Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Segiempat Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Siswa Kelas VII di MTs Qomarul Hidayah Tugu Trenggalek. Pembimbing Dr. Sutopo, M.Pd. Kata Kunci : Pemahaman Konsep, Segiempat, Kemampuan Matematika Pendidikan merupakan sarana yang paling penting dalam mengembangkan sumber daya manusia (SDM) dan watak bangsa. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan hendaknya sejalan dengan proses pembelajaran. Salah satu bidang studi pendidikan yang dapat digunakan untuk mewujudkan tujuan tersebut adalah matematika. Untuk memahami materi matematika dengan baik maka diperlukan pemahaman konsep yang baik pula. Pemahaman konsep adalah proses individu menguasai dengan cara menerima dan memahami informasi yang diperoleh dari pembelajaran. Di MTs Qomarul Hidayah Tugu Trenggalek, terdapat perbedaan tingkat kemampuan matematika yang berpengaruh pada pemahaman konsep yang dimiliki siswa. Kemampuan matematika merupakan keterampilan dasar dan pengetahuan yang dimiliki untuk dapat melakukan penyelesaian matematika. Tingkat kemampuan tersebut terbagi menjadi tiga yitu rendah, sedang dan tinggi. Adapun tujuan penelitian ini adalah, (1) untuk mendeskripsikan pemahaman konsep siswa berkemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan soal matematika pada materi segiempat di MTs Qomarul Hidayah Tugu Trenggalek, (2) untuk mendeskripsikan pemahaman konsep siswa berkemampuan matematika dalam menyelesaikan soal matematika pada materi segiempat di MTs Qomarul Hidayah Tugu Trenggalek, dan (3) untuk mendeskripsikan pemahaman konsep siswa berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan soal matematika pada materi segiempat di MTs Qomarul Hidayah Tugu Trenggalek. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian adalah MTs Qomarul Hidayah Tugu Trenggalek. Sumber data penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil tes, wawancara, dan dokumentasi yang telah ditentukan. Sedangkan data sekunder diperoleh dari berbagai sumber seperti jurnal, artikel, dan sebagainya. Teknik pengumpulan data pada penelitian lebih menekankan pada tes dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan menggunakan langkah-langkah sebagai berikut, (1) reduksi data yaitu proses suatu bentuk analisis data yang merangkum, memilih hal-hal pokok, memfokuskan pada hal-hal yang penting, dan membuang yang tidak perlu, (2) penyajian data yaitu penjabaran data dalam bentuk uraian singkat, (3) penarikan kesimpulan. Adapun subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII C MTs Qomaul Hidayah dengan kategori kemampuan matematika rendah, sedang dan tinggi. Pengelompokan tersebut dilakukan berdasarkan pada kemampuan matematika siswa dalam mengerjakan materi yang diberikan guru. Hasil penelitian ini mendeskripsikan bahwa (1) pemahaman kemampuan konsep siswa yang memiliki kemampuan matematika rendah memenuhi indikator yang berbeda. Subyek pertaman hanya memenuhi 1 indikator yaitu menyajikan konsep ke dalam bentuk representatis matematika, sedangkan subyek kedua memenuhi 3 indikator yaitu menyatakan ulang konsep dan mengklasifikasikan objek sesuai dkonsepnya, mengidentifikasi sfat-sifat dan syarat suatu konsep serta mengaplikasikan suatu konsep, (2) pemahaman konsep siswa yang memiliki kemampuan matematika sedang memenuhi 4indikator yang berbeda. Subyek pertama mampu menguasai seuluruh indikator kecuali mengaplikasikan konsep, sedangkan subyek kedua mampu menguasai seluruh indikator kecuali memilih dan memanfaatkan prosedur tertentu, (3) pemahaman konsep siswa yang memiliki kemampuan matematika tinggi dapat memenuhi 5 indikator yang telah diberikan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163004 Wahyu Mawadatul Habibah
Date Deposited: 09 Feb 2021 02:31
Last Modified: 09 Feb 2021 02:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18245

Actions (login required)

View Item View Item