PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS LECTORA INSPIRE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SDI QURROTA A’YUN NGUNUT TULUNGAGUNG

SEFIMA DEA FORTUNANINGTYAS, 12505174045 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS LECTORA INSPIRE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SDI QURROTA A’YUN NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (647kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (877kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (173kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Lectora Inspire dalam Meningkatkan Hasil belajar Matematika Peserta Didik Kelas V V SDI Qurrota A’yun Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Sefima Dea Fortunaningtyas, NIM. 12505174045 dengan dengan pembimbing Dr. Eni Setyowati, S.Pd, M.M dan Dr. Adi Wijayanto, S.Or, S.Kom, M.Pd, AIFO. Kata Kunci: Pengembangan Media, Multimedia Interaktif, Hasil Belajar. Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa seiring dengan perkembangan IPTEK, maka manusia dituntut untuk memanfaatkannya terutama dalam bidang pendidikan. Mutu pendidikan sangat dipengaruhi oleh sumber daya manusia serta media pembelajaran yang digunakan. Maka dari itu, diperlukan adanya penggunaan media pembelajaran berbasis IT agar peserta didik memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam memanfaatkan teknologi yang berkembang. Rumusan masalah dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Bagaimana proses pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis lectora inspire dalam meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas V SDI Qurrota A’yun Ngunut Tulungagung?; (2) Bagaimana kelayakan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis lectora inspire dalam meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas V SDI Qurrota A’yun Ngunut Tulungagung?; (3) Apakah hasil belajar matematika peserta didik kelas V SDI Qurrota A’yun Ngunut Tulungagung yang menggunakan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis lectora inspire lebih baik daripada yang tradisional? Model penelitian dan pengembangan ini diadaptasi dari Borg & Gall (1985) dengan proses yang bersifat deskriptif. Langkah-langkahnya yaitu: penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk, validasi produk, revisi hasil validasi produk, uji coba lapangan skala kecil, revisi hasil uji coba lapangan skala kecil, uji coba lapangan skala besar, penyempurnaan produk akhir, diseminasi. Hasil penelitian dan pengembangan ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) pengembangan media pembelajaran ini menghasilkan suatu multimedia pembelajaran interaktif berbasis lectora inspire (2) Media pembelajaran multimedia interaktif berbasis lectora inspire layak digunakan dalam meningkatkan hasil belajar matematika, yang diketahui dari uji kelayakan oleh ahli media sebesar 77% dan ahli materi sebesar 75%. (3) Penggunaan media pembelajaran multimedia interaktif lebih baik daripada pembelajaran tradisional, yang diketahui dari perolehan hasil belajar melalui perhitungan independent sample t-test dengan nilai sign (0,00) < 0,05. Sedangkan, besar pengaruh penggunaan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis lectora inspire yang diketahui berdasarkan tabel interpretasi Cohen’s, presentasenya sebesar 88%, sehingga besar pengaruhnya dikatakan tinggi.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: 12505174045 SEFIMA DEA FORTUNANINGTYAS
Date Deposited: 04 Feb 2021 07:52
Last Modified: 29 Apr 2021 03:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18247

Actions (login required)

View Item View Item