SANTI DWI ASTUTIK, 12505174044 (2019) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM QUR’ANI AL-BAHJAH KARANGREJO TULUNGAGUNG. [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (648kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (465kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (92kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (382kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (487kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (507kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (223kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul “Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Islam Qur’ani Al-Bahjah” ini ditulis oleh Santi Dwi Astutik, NIM. 12505174044 dengan pembimbing Dr. Eni Setyowati, M.Pd dan Dr. Hj. Binti Maunah, M. Pd.I. Kata Kunci: Pengembangan Modul Pembelajaran, Pendekatan Kontekstual, Hasil Belajar. Penelitian dalam tesis ini dilatar belakangi oleh keberadaan bahan ajar dalam proses pembelajaran sering terabaikan dan sulit untuk diwujudkan. Dalam pelajaran matematika untuk pendidikan dasar, peserta didik masih kesulitan untuk memahami materi matematika yang bersifat abstrak karena pada usia pendidikan dasar pola berpikir peserta didik masih pola berfikir yang kongkrit. Maka dari itu, diperlukan adanya penggunaan modul pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual agar peserta didik mampu menguasai pembelajaran dengan baik Rumusan masalah dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Bagaimana proses pengembangan modul pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas v sdiqu al-bahjah?; (2) Bagaimana kelayakan pengembangan modul pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas v sdiqu al-bahjah?; (3) Bagaimana pengaruh pengembangan modul pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar peserta didik kelas v sdiqu al-bahjah? Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall melalui 7 langkah yaitu, studi pendahuluan, merencanakan penelitian, pengembangan desain, uji coba lapangan awal (Preliminary Field Test), revisi hasil uji lapangan terbatas, uji lapangan (main Field Test) dan revisi hasil uji coba lapangan. Penelitian dan pengembanagn ini dapat bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan dan pengetahuan mengenai penggunaan dan pengembangan modul pembelajaran dengan pendekatan kontekstual. Hal ini dilakukan dalam rangka membantu meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran. Hasil penelitian dan pengembangan ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) pengembangan modul pembelajaran ini menghasilkan suatu modul pembelajaran dengan pendekatan kontekstual. (2) Modul pembelajaran dengan pendekatan kontekstual layak digunakan dalam meningkatkan hasil belajar matematika, yang diketahui dari uji kelayakan oleh ahli bahan ajar sebesar 80% dan 91,6% serta ahli materi sebesar 80% dan 87,5% 7. (3) Penggunaan modul pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual memiliki pengaruh terhadap hasil belajar, yang diketahui dari perolehan hasil belajar melalui perhitungan independent sample t-test dengan nilai thitung(3,01) ≥ ttabel (2,011741 ). Sedangkan, besar pengaruh penggunaan modul yang diketahui berdasarkan tabel interpretasi Cohen’s presentasenya sebesar 82%, sehingga besar pengaruhnya dikatakan tinggi.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam |
Depositing User: | 12505174044 SANTI DWI ASTUTIK |
Date Deposited: | 04 Feb 2021 08:07 |
Last Modified: | 29 Apr 2021 03:26 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18249 |
Actions (login required)
View Item |