ANGGITA DYANI RAHMAWATI, 17207163037 (2020) MANAJEMEN PESERTA DIDIK DALAM PEMBINAAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI MTS IMAM AL GHOZALI PANJEREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (873kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (343kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (251kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (442kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (249kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (509kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (153kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul” Manajemen Peserta Didik dalam Pembinaan Ekstrakurikuler Pramuka di MTs Imam Al Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung” disusun oleh Anggita Dyani Rahmawati, 17207163037, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Bapak Dr. H. Muhamad Arif Faizin, M.Ag., Kata Kunci: Manajemen Pembinaan, Ekstrakurikuler pramuka Penelitian ini membahas tentang Manajemen Peserta Didik dalam Pembinaan Ekstrakurikuler Pramuka di MTs Imam Al Ghozali Panjerejo. Kajiannya dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti tentang pengelolaan ekstrakurikuler pramuka di madrasah yang diminati oleh peserta didik dan sering meraih prestasi dibidang ekstrakurikuler pramuka. Dalam hal ini, pengelolaan ekstrakurikuler pramuka sangat efektif, karena madrasah fokus dalam hal pembinaan. Fokus penelitian skripsi ini adalah: (1) Bagaimana Perenanaan Pembinaan Ekstrakurikuler Pramuka di MTs Imam Al Ghozali Panjerejo? (2) Bagaimana Pelaksanaan Pembinaan Ekstrakurikuler Pramuka di MTs Imam Al Ghozali Panjerejo? (3) Bagaimana Evaluasi Pembinaan Ekstrakurikuler Pramuka di MTs Imam Al Ghozali Panjerejo?. Skripsi ini bertujuan, (1) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis perenanaan peserta didik dalam pembinaan ekstrakurikuler pramuka di MTs Imam Al Ghozali Panjerejo. (2) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan peserta didik dalam pembinaan ekstrakurikuler pramuka di MTs Imam Al Ghozali Panjerejo. (3) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis evaluasi peserta didik dalam pembinaan ekstrakurikuler pramuka di MTs Imam Al Ghozali Panjerejo Skripsi ini bermanfaat bagi madrash sebagai evaluasi dan bahan pertimbangan dalam meningkatkan dan mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan bakat, minat dan kemampuan peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi Kualitatif demgan mengambil latar manajemen pembinaan Ekstrakurikuler Pramuka di MTs Imam Al Ghozali Panjerejo. Sumber data yang diambil dari kepala madrasah, wakamad kesiswaan, pembina ekstrakurikuler pramuka, dan peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data meliputi perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Hasil analisis data ditemukan bahwa: (1) perencanaan yang dilakukan oleh MTs Imam Al Ghozali Panjerejo terbilang cukup baik, madrasah telah membuat progam kegiatan sebagai berikut: Tujuan kegiatan ekstrakurikuler, Deskripsi kegiatan ekstrakurikuler, Pendanaan, dan evaluasi. (2) Dalam pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka menggunakan model aktualisasi, dengan pelaksanaan yang terjadwal satu minggu sekali yaitu hari sabtu. Metode pendidikan yang dilakukan di madrasah menggunakan Sistem Among. (3) Pada evaluasi pembelajaran ekstrakurikuler terbilang baik karena sudah dilakukan dengan 3 cara, yaitu pada setiap dua bulan sekali, pada akhir ajaran baru dan pada lomba pramuka yang diikuti peserta didik
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 17207163037 ANGGITA DYANI RAHMAWATI |
Date Deposited: | 10 Feb 2021 04:46 |
Last Modified: | 26 Apr 2021 04:25 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18281 |
Actions (login required)
View Item |