EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI MA NEGERI 2 LAMONGAN

DAYINTA GALIH PRATIWI, 17306163057 (2021) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI MA NEGERI 2 LAMONGAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (907kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (590kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (696kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (559kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (521kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama Dalam Meningkatkan kepercayaan diri siswa MA Negeri 2 Lamongan” yang ditulis oleh Dayinta Galih Pratiwi, dengan NIM 17306163057, Jurusan Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dengan pembimbing Wikan Galuh Widyarto, M.Pd. Kata Kunci :Bimbingan kelompok, Sosiodrama, kepercayaan diri Penelitian ini bertujuan untuk menguji layanan bimbingan kelompok teknik Sosiodrama dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa di sekolah dengan tujuan untuk membantu siswa dalam mengembangkan kelebihan diri dan potensi diri yang dimiliki melalui pemberian layanan berupa bimbingan kelompok teknik Sosiodrama. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode eksperimen kuantitatif dengan desain One Group Pretest Posttest pada populasi siswa MA Negeri 2 Lamongann kelas 11 IPS 1, sedangkan untuk pengambilan data menggunakan purposive sampling. Layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama ini diberikan kepada subjek yang memiliki kriteria kepercayaan diri rendah dan sangat rendah dilihat dari hasil pretest yang diberikan. Pada Uji Paired T-test, hasil yang diperoleh yaitu sig.2 tailed sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti bahwa pemberian layanan teknik sosiodrama cukup efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa. Adapun dari hasil perhitungan statistik menggunakan SPSS diperoleh nilai R Square sebesar 0,586 yang berarti teknik sosiodrama terhadap peningkatan kepercayaan diri sebesar 58%, sedangkan sisanya 42% dipengaruhi faktor dari luar contohnya yaitu pengalaman peneliti yang masih belum mencukupi dalam pemberian perlakuan, waktu dan fasilitas tempat yang kurang memadahi. Berdasarkan temuan penelitian, kepercayaan diri siswa kelas 11 IPS 1 di MA Negeri 2 Lamongan dapat diatasi dengan pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dengan lebih memperhatikan faktor lainnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Kepribadian
Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: 17306163057 DAYINTA GALIH PRATIWI
Date Deposited: 09 Feb 2021 04:39
Last Modified: 09 Jul 2021 02:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18325

Actions (login required)

View Item View Item