PENERAPAN EXTRAKURIKULER SENI BACA AL-QUR’AN DI MTs AL-MUSLIHUUN TLOGO KECAMAATAN KANIGORO KABUPATEN BLITAR

MOH HANIF FUAD AFFANDI, 17201163071 (2020) PENERAPAN EXTRAKURIKULER SENI BACA AL-QUR’AN DI MTs AL-MUSLIHUUN TLOGO KECAMAATAN KANIGORO KABUPATEN BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (746kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (572kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (250kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (80kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Extrakurikuler Seni Baca Al-Qur’an di MTs Al-Muslihuun Tlogo Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar” ini ditulis oleh Moh Hanif Fuad Affandi, NIM. 17201163071. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. H. Nursamsu, S. Pd. I., M. Pd. Kata Kunci: Penerapan Extrakurikuler, Seni Baca Al-Qur’an Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa pertimbangan atas dasar keunikan, kemenarikan, dan kesesuaian topik dalam penelitian seperti pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan lagu-lagu. Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Muslihuun adalah salah satu lembaga sekolah swasta yang terletak di Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar yang telah berdiri sejak 1958 yang sangat memperhatikan kualitas bacaan Al-Qur’an peserta didik. Sekolah ini memiliki program pembelajaran Al-Qur’an yang diprakarsai oleh guru extra SBQ. Program tersebut diantaranya: pembiasaan membaca juz 30 sebelum extra SBQ dimulai, membaca Al-Qur’an setelah sholat dhuha, dan tilawah setiap hari kamis dan jum’at dan ditambah lagi lembaga MTs Al-Muslihuuun Tlogo kerjasama dengan JQH (Jam’iyyatul Qurro’ Wal Huffadh) dalam pelaksanaan SBQ. Guru SBQ memiliki peran penting dalam pelaksanaan SBQ peserta didik. Oleh karena itu, guru SBQ memiliki strategi, dan solusi untuk peserta didik sehingga bisa menerima pembelajaran Al-Qur’an dengan baik. Adapun tujuan penelitian skripsi ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan penerapan extrakurikuler Seni Baca Al-Qur’an di MTs Al-Muslihuun Tlogo Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar. (2) Untuk mendeskripsikan hambatan penerapan extrakurikuler Seni Baca Al-Qur’an di MTs Al-Muslihuun Tlogo Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar. (3) Untuk mendeskripsikan dampak penerapan extrakurikuler Seni Baca Al-Qur’an di MTs Al-Muslihuun Tlogo Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Objek penelitian ini adalah MTs Al Muslihuun Tlogo Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian: (1) Penerapan extrakurikuler Seni Baca Al-Qur’an adalah Untuk mengembangkan bacaan Al-Qur'an di tengah-tengah masyarakat dan terwujudnya pengamalan ajaran Islam, Terpeliharanya seni baca Al-Qur'an sebagai hazanah kebudayaan Islam, Sebagai usaha pembinaan bakat-bakat pembaca Al-Qur'an, serta terpilihnya Qori' dan Qori'ah dengan Guru memberi solusi belajar siswa dengan menerapkan metode drill, sehingga siswa menjadi lebih faham terkait ilmu Naghom Al-Qur’an. (2) Hambatan penerapan extrakurikuler Seni Baca Al-Qur’an adalah Peminat seni baca Al-Qur'an sangat sedikit karena kebanyakan siswa belum lancar membaca Al-Qur'an, Kebijakan lembaga yang tegas dalam menentukan waktu untuk semua Extrakurikuler dimasukkan pada waktu hari yang sama, Bakat dan Minat tidak seimbang artinya kadang siswa berbakat tapi tidak berminat atau malah sebaliknya berrminat tapi tidak berbakat dengan adanya hambatan diatas Guru SBQ menggunakan strategi dengan menggunanakan metode ceramah dan demonstrasi dalam pembelajaran Naghom Al-Qur’an untuk solusi belajar SBQ. (3) Dampak penerapan extrakurikuler Seni Baca Al-Qur’an adalah Mengadakan pembelajaran seni baca Al-Qur'an rutin setiap satu minggu sekali bagi semua tingkat (kelas), Membekali dasar ilmu agama yang kuat sehingga peserta didik tidak mudah terpengaruh dan terlena oleh kondisi pergaulan yang negative, Membuahkan hasil ketika mengikuti perlombaan Musabaqoh Tilawatil Qur'an baik tingkat kecamatan, se-Karisidenan, Kabupaten dan propinsi bahkan sampai tingkat Nasional.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163071 MOH HANIF FUAD AFFANDI
Date Deposited: 08 Feb 2021 09:08
Last Modified: 28 Apr 2021 03:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18358

Actions (login required)

View Item View Item