EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION) PADA MATERI POKOK RUANG DIMENSI TIGA DI KELAS X SMA HASAN MUNAHIR TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2014/2015

Rahmad, Dwi Cahyono (2015) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION) PADA MATERI POKOK RUANG DIMENSI TIGA DI KELAS X SMA HASAN MUNAHIR TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2014/2015. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
AWAL.pdf

Download (785kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (897kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (156kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (524kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rahmad Dwi Cahyono, 3214113136, 2015, “Efektivitas Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) Pada Materi Pokok Ruang Dimensi Tiga Di Kelas X SMA Hasan Munahir Trenggalek Tahun Ajaran 2014/2015”. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: Musrikah, M.Pd. Kata Kunci: Efektivitas, ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) Penelitian ini dilatarbelakangi oleh problematika pembelajaran di kelas, khususnya pada pembelajaran matematika. Faktanya, banyak siswa yang menganggap bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang sulit, rumit, dan membingungkan sehingga fokus, minat, dan semangat belajar matematika mereka cenderung berada pada tingkat yang rendah. Salah satu solusi dari masalah tersebut adalah penggunaan model pembelajaran yang efektif. Dengan model pembelajaran yang efektif, proses pembelajaran akan optimal sehingga hasil pembelajaran akan maksimal. Oleh karena itu, peneliti mengujikan sebuah model pembelajaran. Peneliti memilih model pembelajaran ARIAS yang diterapkan pada salah satu materi matematika yaitu ruang dimensi tiga. Model pembelajaran ARIAS merupakan model pembelajaran yang terdiri dari lima komponen yaitu: 1) Assurance (percaya diri), 2) Relevance (relevansi), 3) Interest (minat), 4) Assessment (evaluasi), 5) Satisfaction (rasa bangga). Komponen tersebut dirancang untuk lebih mengoptimalkan proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kemampuan guru mengelola model pembelajaran ARIAS pada materi pokok ruang dimensi tiga di kelas X SMA Hasan Munahir Trenggalek tahun ajaran 2014/2015? 2) Bagaimana aktivitas siswa selama proses pembelajaran ARIAS pada materi pokok ruang dimensi tiga di kelas X SMA Hasan Munahir Trenggalek tahun ajaran 2014/2015? 3) Bagaimana respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran ARIAS pada materi pokok ruang dimensi tiga di kelas X SMA Hasan Munahir Trenggalek tahun ajaran 2014/2015? 4) Bagaimana hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran ARIAS pada materi pokok ruang dimensi tiga di kelas X SMA Hasan Munahir Trenggalek tahun ajaran 2014/2015? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) pada pembelajaran matematika materi ruang dimensi tiga di kelas X SMA Hasan Munahir Trenggalek tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan empat indikator efektivitas pembelajaran yaitu: 1) Kemampuan guru mengelola pembelajaran, 2) Aktivitas siswa selama pembelajaran, 3) Respon siswa terhadap pembelajaran, dan 4) Hasil belajar siswa setelah pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan: 1) Observasi, 2) Angket, 3) Tes, 4) Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah-langkah: Reduksi data, Penyajian data, dan Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dalam kategori baik/efektif, 2) Aktivitas siswa selama proses pembelajaran dalam kategori baik/aktif, 3) Respon siswa terhadap pembelajaran adalah positif, dan 4) Hasil belajar siswa melalui penerapan pembelajaran secara klasikal mencapai ketuntasan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) pada materi pokok ruang dimensi tiga di kelas X SMA Hasan Munahir Trenggalek tahun ajaran 2014/2015 adalah efektif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: rahmad dwi cahyono
Date Deposited: 13 Jan 2016 02:57
Last Modified: 13 Jan 2016 02:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1838

Actions (login required)

View Item View Item