PEBRIANA, EKA (2015) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN OPEN ENDED DAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs NEGERI BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (153kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (385kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (708kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (479kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (781kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (330kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Open Ended dan Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTs Negeri Bandung Tulungagung” ini ditulis oleh Eka Pebriana dibimbing oleh Bapak Maryono M.Pd. Kata Kunci: Pendekatan Open Ended, Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL), Hasil Belajar. Penelitian penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika yang kurang maksimal karena kurang maksimalnya proses belajar mengajar di kelas. Hal ini terjadi karena pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional, peserta didik hanya menjadi pendengar sehingga membuat mereka tidak fokus dan pada akhirnya hasil belajar mereka akan menurun. Ada beberapa solusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa terhadap pelajaran matematika, antara lain menggunakan pendekatan Open Ended dan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL). Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika antara yang menggunakan pendekatan Open Ended dengan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) pada siswa kelas VIII MTs Negeri Bandung Tulungagung? 2) Untuk mengetahui hasil belajar matematika yang lebih baik antara yang menggunakan pendekatan Open Ended dengan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) pada siswa kelas VIII MTs Negeri Bandung Tulungagung. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode tes, observasi, dan dokumentasi. Tes digunakan untuk mendapatkan data atau hasil berupa hasil nilai prestasi belajar peserta didik. Sedangkan observasi dan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang populasi, sampel, sarana dan prasarana pendidikan dan dokumen sekolah. Jumlah sampel dalam penelitian ini 388 siswa. Sedangkan sampelnya adalah siswa Kelas VIII B sebanyak 33 siswa dan Kelas VIII H sebanyak 46 siswa. Hasil penelitian tentang perbedaan hasil hasil belajar matematika antara yang menggunakan pendekatan Open Ended dan Contextual Teaching And Learning (CTL) ternyata terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa antara yang diajar dengan menggunakan Pendekatan Open Ended dan Contextual Teaching And Learning (CTL). Hal ini dapat ditunjukkan pada nilai thitung = 2,625 dan signifikansi 0,011. Sedangkan untuk nilai ttabel pada signifikansi 5% nilai ttabel = 2,000. Karena thitung > ttabel yakni 2,625 > 2,000 dan signifikansi < 0,05 yakni 0,011 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga ada perbedaan hasil belajar matematika antara yang menggunakan pendekatan Open Ended dan Contextual Teaching And Learning (CTL). Pendekatan pembelajaran Open Ended lebih Baik dibandingkan dengan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL). Hal tersebut terlihat pada rata-rata nilai siswa kelompok Open Ended lebih besar dari kelompok CTL yakni (95,87 > 92,85).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | EKA PEBRIANA |
Date Deposited: | 27 Aug 2015 02:27 |
Last Modified: | 27 Aug 2015 02:27 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1840 |
Actions (login required)
View Item |