USTADZATUL ‘ULYA, 1721143408 (2020) PEMIKIRAN K.H. BISRI MUSTOFA DALAM MEMBANGUN AL-AKHLAQ AL-KARIMAH PADA ANAK. [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (792kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (362kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (383kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (436kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (8MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (221kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (209kB) |
Abstract
Tesis dengan judul “Pemikiran K.H. Bisri Mustofa dalam Membangun Al-Akhlaq Al-Karimah Pada Anak” ini ditulis oleh Ustadzatul ‘Ulya, pembimbing Prof. Dr. H. mujamil Qomar, M.Ag dan Dr. H.Nur Efendi, M.Ag. Kata Kunci: Pemikiran, Al-Akhlaq Al-Karimah, Anak. Penelitian ini dilatarbelakangi memprihatinkannya masyarakat Islam Indonesia yaitu kecenderungan meninggalkan akhlak dalam menghadapi kemajuan zaman. Salah satu tokoh ulama Indonesia yang sangat peduli terhadap pembangunan al-akhlaq al-karimah anak adalah K.H. Bisri Mustofa. Merujuk kitab-kitab klasiknya mempunyai banyak corak bervarian, sebagai upaya membangun al-akhlaq al-karimah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan dan mendiskripsikan (1) nilai-nilai yang dirumuskan K.H. Bisri Mustofa dalam membangun al-akhlaq al-karimah pada anak, (2) pendekatan emosional dan spiritual K.H. Bisri Mustofa dalam membangun al-akhlaq al-karimah pada anak, (3) metode K.H. Bisri Mustofa dalam mengimplementasikan pemikirannya dalam membangun al-akhlaq al-karimah pada anak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian library research, dengan pendekatan tematis kualitatif. Sumber data penelitiannya adalah kitab-kitab karya K.H. Bisri Mustofa diantaranya Kitab Ngudi Susilo, Kitab Mitero Sejati, dan Kitab Waṣāyā Al-Abā’ li Al-Abnā’. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu menggunakan studi pustaka dan studi naskah. Hasil penelitian menunjukkan nilai-nilai al-akhlaq al-karimah yang dirumuskan K.H. Bisri Mustofa adalah untuk mengajarkan kebaikan serta menjauhkan anak dari akhlak yang buruk, sehingga nantinya anak akan menjadi orang yang mulia baik di dunia hingga di akhirat. Nilai-nilai yang dirumuskan beliau meliputi akhlak terhadap Allah SWT, akhlak pribadi (akhlak pada diri sendiri), akhlak terhadap keluarga, akhlak terhadap sesama, akhlak terhadap lingkungan, serta akhlak dalam berbangsa dan bernegara. Pendekatan emosional yang dirumuskan K.H. Bisri Mustofa yaitu dengan menggugah perasaan dan emosi dengan memberi bekal contoh agar anak memiliki rasa kasih sayang, berbakti, memiliki sikap hormat serta empati terhadap bapak ibunya dan sesama. Sehingga membantu anak dalam meyakini, memahami dan menghayati ajaran Islam agar dapat merasakan mana yang baik dan yang buruk. Pendekatan spiritual yang dirumuskan K.H. Bisri Mustofa yaitu dengan mengajarkan nilai–nilai religius yang berhubungan dengan tujuan hidup manusia berupa usaha terus-menerus melakukan hubungan baik dengan Tuhannya. Pendekatan melalui sebuah cita-cita agar anak bisa melanjutkan sekolah dan mengaji agar bermanfaat bagi agama serta mengambil peran Tuhan dalam bentuk doa sebagai nilai religiusnya. Metode K.H. Bisri Mustofa dalam mengimplementasikan pemikirannya dalam membangun al-akhlaq al-karimah pada anak yaitu dengan metode bernyanyi dan metode kisah atau cerita.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | MPd 12506184051 Ustadzatul 'Ulya |
Date Deposited: | 10 Feb 2021 03:13 |
Last Modified: | 10 Feb 2021 03:13 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18456 |
Actions (login required)
View Item |