PENYANDANG DISABILITAS TUNANETRA DALAM MEMBANGUN AKTUALISASI DIRI (Studi Kasus di SMALB Kemala Bhayangkari 1 Trenggalek)

MUHAMMAD SAIFULLOH HUDA, 17306153012 (2021) PENYANDANG DISABILITAS TUNANETRA DALAM MEMBANGUN AKTUALISASI DIRI (Studi Kasus di SMALB Kemala Bhayangkari 1 Trenggalek). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Huda, Saifulloh, Muhammad. 2021. Penyandang disabilitas Dalam Membangun Aktualisasi Diri (Study Kasus di SMALB Kemala Bhayangkari 1 Trenggalek). Skripsi, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Jurusan Bimbingan Konseling Islam, IAIN Tulungagung. Pembimbing Wikan Galuh Widyarto, M. Pd. Kata Kunci : Penyandang Disabilitas Tunanetra, Aktualisasi Diri Penelitian ini dilatar belakangi oleh Penyandang disabilitas Tunanetra yang memiliki keterbatasan dalam penglihatan. Apabila kondisi ini dialami oleh anak usia remaja dengan emosi yang masih labil, maka akan menimbulkan dua kemungkinan. Anak itu dapat mengatasi kelemahannya itu atau depresi dengan keadaan yang dialaminya. Untuk itu peneliti ingin mengetahui Penyandang disabilitas tunanetra dalam membangun aktualissidiri. Adapun yang menjadi fokus dalam masalah ini adalah (1.) Bagaimana penyandang disabilitas Tunanetra di SMALB Kemala Bhayangkari 1 Trenggalek dalam membangun Aktualisasi diri (2.) Apa faktor yang mendukung penyandang disabilitas Tunanetra di SMALB Kemala Bhayangkari 1 Trenggalek dalam membangun Aktualisasi diri (3.) Bagaimana penyandang disabilitas Tunanetra di SMALB Kemala Bhayangkari 1 Trenggalek dalampencapaian Aktualisasi diri Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Subjek dari penelitian ini ada empat orang yaitu satu subjek primer dan tiga subjek sekunder. Hasil dari penelitian ini adalah (1.) Penyandang disabilitas Tunanetra di SMALB Kemala Bhayangkari 1 Trenggalek dapat memenuhi keempat kebutuhan dalam hierarki kebutuhan maslow untuk membangun Aktualisasi diri. Keempat kebutuhan tersebut dapat dipenuhi karena orang-orang disekitar subjek yang selalu mendukung dan lingkungan yang ideal untuk tumbuh kembang subjek. (2.) Adapun faktor yang mendukung penyandang disabilitas Tunanetra di SMALB Kemala Bhayangkari 1 Trenggalek dalam membangun Aktualisasi diri adalah karena lingkungan, keluarga, serta kemauan dari diri sendiri untuk mencapai cita-cita yang di inginkan. Dengan adanya motivasi itu, subjek dapat percaya diri walaupun dengan kondisi tunanetra. Sehingga daripada fokus dengan kekurangan, lebih baik fokus dengan kelebihan yang dia miliki. (3.) Subjek telah memenuhi keempat kebutuhan tersebut, dan dia telah mencapai aktualisasi diri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: S1 17306153012 Muhammad Saifulloh Huda
Date Deposited: 11 Feb 2021 06:50
Last Modified: 16 Feb 2021 03:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18459

Actions (login required)

View Item View Item