PUJI RAHAYU, 12506184043 (2020) IMPLEMENTASI KURIKULUM PONDOK PESANTREN DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SANTRI MELALUI PENANAMAN NILAI-NILAI ASWAJA DI MA MU’ALIMIN-MU’ALIMAT DENANYAR DAN MAN 2 JOMBANG. [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (58kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (210kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (47kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (41kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (903kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (76kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (149kB) |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul “Implementasi Kurikulum Pondok Pesantren dalam Membentuk Karakter Religius Santri di MA Mu’alimin-Mu’alimat Denanyar dan MAN 2 Jombang” yang ditulis oleh Puji Rahayu dengan dibimbing oleh Dr.H.Achmad Patoni, M.Ag dan Dr.H. Imam Junaris M.H.I Kata kunci; Kurikulum Pondok Pesantren, Karakter Religius, Nilai-Nilai Aswaja Penelitian dalam Tesis ini dilatarbelakangi karena dewasa ini lembaga pendidikan Islam, khususnya madrasah bahkan pesantren mengalami banyak tantangan untuk menghadapi arus globalisasi dan modernisasi. Sehingga madrasah dan pesantren harus menyesuaikan dengan tuntunan pengembangan yang secara otomatis akan berdampak pada penetapan kurikulum yang mengikuti institusi tersebut. Sehinggga penulis mengangkat judul “Implementasi Kurikulum Pondok Pesantren dalam Membentuk Karakter Religius Santri di MA Mu’alimin-Mu’alimat Denanyar dan MAN 2 Jombang” Fokus penelitian: 1. Bagaimana Desain Kurikulum Pondok Pesantren MA Mu’alimin-Mu’alimat Denanyar dan MAN 2 Jombang?. 2. Bagaimana Pembelajaran Kitab Kuning dan Program Aplikasi Keagamaan Dalam Membentuk Karakter Religius Santri Melalui Penanaman Nilai-Nilai Aswaja Di Mu’alimin-Mu’alimat Denanyar dan MAN 2 Jombang?. 3. Bagaimana Hasil Pembentukan Karakter Religius Santri Melalui Penanaman Nilai-Nilai Aswaja Di Mu’alimin-Mu’alimat Denanyar dan MAN 2 Jombang?. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Untuk metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumen dan dokumentasi. Metode observasi dan wawancara digunakan untuk memperoleh data tentang implementasi kurikulum pondok pesantren dalam membentuk akhlak siswa. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk menggali data kegiatan pembelajaran Kepondokan, kegiatan yang berkaitan dengan aplikasi keagamaan yang berlangsung, dan dokumen Kurikulum Pondok Pesantren, Profil Madrasah dan .data siswa serta guru. Hasil Penelitian menunjukkan: 1. Desain Kurikulum Pondok Pesantren Dalam Membentuk Karakter Religius Santri Melalui Penanaman Nilai-Nilai Aswaja Di MA Mu’alimin-Mu’alimat Denanyar dan MAN 2 Jombang adalah dengan menggunakan 2 kurikulum yakni kurikulum Kementrian Agama dan Kurikulum yang dirancang oleh Pondok Pesantren. 2. Pembelajaran kitab kuning yang dan program aplikasi keagamaan sama-sama digunakan untuk membentuk karakter religius santri melalui penanaman nilai-nilai Aswaja karena keduanya berlandaskan Aswaja.3.Hasil dari penerapan kurikulum pondok pesantren dalam membentuk karakter religius santri melalui penanaman nilai aswaja dapat melatih siswa terbiasa memecahan permasalahan yang dihadapi sendiri maupun lingkungannya sesuai dengan nilai-nilai Aswaja yang telah dipelajarinya.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12506184043 PUJI RAHAYU |
Date Deposited: | 10 Feb 2021 08:05 |
Last Modified: | 29 Apr 2021 02:46 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18504 |
Actions (login required)
View Item |