PENGARUH SUPERVISI PEMBELAJARAN, KINERJA GURU PAI, DAN BUDAYA MADRASAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MAN 1 TULUNGAGUNG DAN MAN 3 TULUNGAGUNG

DILLA YULIA MALWITA, 12506184015 (2020) PENGARUH SUPERVISI PEMBELAJARAN, KINERJA GURU PAI, DAN BUDAYA MADRASAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MAN 1 TULUNGAGUNG DAN MAN 3 TULUNGAGUNG. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (584kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (694kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (905kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (594kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (938kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (565kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (373kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (448kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis yang berjudul “Pengaruh Supervisi Pembelajaran, Kinerja Guru PAI, dan Budaya Madrasah terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di MAN 1 Tulungagung dan MAN 3 Tulungagung” ini ditulis oleh Dilla Yulia Malwita NIM: 12506184015, dengan dosen pembimbing Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I NIP: 196509031998032001 dan Dr. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd. NIP : 19720608 200212 1 001 Kata Kunci : Supervisi Pembelajaran, Kinerja Guru PAI, Budaya Madrasah, Motivasi Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh tingginya tingkat kemalasan peserta didik dalam pembelajaran. Pembelajaran di sekolah maupun di rumah. Hal ini dikarenan beberapa faktor. Salah satunya yaitu gaya belajar yang belum sesuai. Gaya belajar yang tidak tepat bisa membuat anak malas belajar dan menjadi tidak termotivasi di sekolah. Penyebab lainnya adalah lingkungan yang tidak mendukung. Lingkungan sekitar anak adalah salah satu faktor yang sering tidak diperhatikan oleh orang tua. Sebuah lingkungan rumah yang positif berhubungan dengan prestasi akademik yang baik. Begitupun juga dengan lingkungan sekolah, penelitian mendapati bahwa lingkungan sekolah memberikan pengaruh sangat besar terhadap prestasi akademik siswa. Terbukti jika sebuah lembaga pendidikan memberikan fasilitas sekolah yang mencukupi, serta lingkungan dan guru yang baik, akan memberi performa akademik yang lebih baik dari pada sekolah dengan sedikit fasilitas dan lingkungan yang tidak mendukung pembelajaran, serta guru yang tidak memiliki kualifikasi. Faktor selanjutnya adalah penggunaan gadget yang berlebihan. Hal ini tidak hanya membuat anak malas belajar akan tetapi jika anak sering menggunakan gadget untuk hal yang negatif, akan menyebabkan gangguan perilaku, emosional, juga dapat menyebabkan kerusakan otak. Rumusan masalah dalam penelitian tesis ini adalah (1) Bagaimana Kondisi Supervisi Pembelajaran, Kinerja Mengajar Guru PAI, dan Budaya Madrasah di MAN 1 Tulungagung dan MAN 3 Tulungagung? (2) Adakah Pengaruh Supervisi Pembelajaran Terhadap Budaya Madrasah di MAN 1 Tulungagung dan MAN 3 Tulungagung? (3) Adakah Pengaruh Supervisi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar di MAN 1 Tulungagung dan MAN 3 Tulungagung? (4) Adakah Pengaruh Kinerja Mengajar Guru PAI Terhadap Budaya Madrasah di MAN 1 Tulungagung dan MAN 3 Tulungagung? (5) Adakah Pengaruh Kinerja Mengajar Guru PAI Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di MAN 1 Tulungagung dan MAN 3 Tulungagung? (6) Adakah Pengaruh Budaya Madrasah terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di MAN 1 Tulungagung dan MAN 3 Tulungagung? (7) Adakah Pengaruh secara tidak langsung Supervisi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Budaya Madrasah di MAN 1 Tulungagung dan MAN 3 Tulungagung? (8) Adakah Pengaruh secara tidak langsung Kinerja Guru PAI Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Budaya Madrasah di MAN 1 Tulungagung dan MAN 3 Tulungagung? Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk Mengetahui Bagaimana Kondisi Supervisi Pembelajaran, Kinerja Mengajar Guru PAI, dan Budaya Madrasah di MAN 1 Tulungagung dan MAN 3 Tulungagung. (2) Untuk Mengetahui Adakah Pengaruh Supervisi Pembelajaran Terhadap Budaya Madrasah di MAN 1 Tulungagung dan MAN 3 Tulungagung. (3) Untuk Mengetahui Adakah Pengaruh Supervisi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar di MAN 1 Tulungagung dan MAN 3 Tulungagung. (4) Untuk Mengetahui Adakah Pengaruh Kinerja Mengajar Guru PAI Terhadap Budaya Madrasah di MAN 1 Tulungagung dan MAN 3 Tulungagung. (5) Untuk Mengetahui Adakah Pengaruh Kinerja Mengajar Guru PAI Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di MAN 1 Tulungagung dan MAN 3 Tulungagung. (6) Untuk Mengetahui Adakah Pengaruh Budaya Madrasah terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di MAN 1 Tulungagung dan MAN 3 Tulungagung. (7) Untuk Mengetahui Adakah Pengaruh secara tidak langsung Supervisi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Budaya Madrasah di MAN 1 Tulungagung dan MAN 3 Tulungagung. (8) Untuk Mengetahui Adakah Pengaruh secara tidak langsung Kinerja Guru PAI Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Budaya Madrasah di MAN 1 Tulungagung dan MAN 3 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi seluruh Guru dan peserta didik di MAN 1 Tulungagung dan MAN 3 Tulungagung yang berjumlah 187 Guru dan 588 peserta didik kelas XI, dengan teknik sampling Non Probality Sampling di peroleh sampel 100 responden atau peserta didik. Variabel bebas pada penelitian ini adalah Supervisi Pembelajaran, Kinerja Guru PAI, dan Budaya Madrasah sedangkan variabel terikatnya adalah Motivasi Belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, teknik analisis data dilakukan uji validitas, uji reliabilitas, dan pengujian hipotesis uji analisis jalur dengan menggunakan program aplikasi Smart PLS 3.0. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Supervisi pembelajaran memperoleh nilai tertinggi yang terletak pada katagori sangan baik itu artinya supervisi pembelajaran di MAN 1 Tulungagung dan MAN 3 Tulungagung dalam keadaan sangat baik. Hal ini terbukti dengan melihat data diskripsi perolehan skor terendah diperoleh 30, sedangkan perolehan nilai tertinggi ada 443. Yakni variabel Supervisi Pembelajaran termasuk katagori sangat baik. (2) Kinerja guru PAI memperoleh nilai tertinggi yang terletak pada katagori sangan baik itu artinya kinerja guru PAI di MAN 1 Tulungagung dan MAN 3 Tulungagung dalam keadaan sangat baik. Ini terbukti dengan melihat data deskripsi jumlah perolehan skor terendah diperoleh 42, sedangkan perolehan nilai tertinggi ada 510. Yakni variabel Kinerja Guru PAI termasuk katagori sangat baik.(3) Budaya madrasah memperoleh nilai tertinggi yang terletak pada katagori sangan baik itu artinya motivasi belajar peserta didik di MAN 1 Tulungagung dan MAN 3 Tulungagung dalam keadaan sangat baik. Hal ini terbukti dengan melihat data diskripsi perolehan skor terendah diperoleh 26, sedangkan perolehan nilai tertinggi ada 414. Yakni variabel Budaya Madrasah termasuk katagori sangat baik. (4) Hasil belajar peserta didik memperoleh nilai tertinggi yang terletak pada katagori sangan baik. Hal ini terbukti dengan melihat data diskripsi perolehan skor terendah diperoleh 9, sedangkan perolehan nilai tertinggi ada 555. Yakni variabel Budaya Madrasah termasuk katagori sangat baik. (5) Supervisi Pembelajaran secara positif berpengaruh terhadap Budaya Madrasah. Hasil pengujian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan. Hal ini ditunjukkan pada nilai original sampelnya 0,354, t-statistik yaitu sebesar 2.804, dan PValue sebesar 0,006. Dari hasil ini dinyatakan t-statistik signifikan. karena >1,96 dengan pvalue <0,05. Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan menunjukkan bahwa semakin besar pengaruh supervisi pembelajaran di MAN 1 Tulungagung dan MAN 3 Tulungagung semakin besar pula pengaruh yang diberikan terhadap motivasi belajar peserta didik di MAN 1 Tulungagung dan MAN 3 Tulungagung. (6) Supervisi Pembelajaran secara positif berpengaruh terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Hasil pengujian menunjukkan bahwa pada nilai original sampelnya 0,101, t-statistik yaitu sebesar 1,481, dan PValue sebesar 0,0032. Dari hasil ini dinyatakan t-statistik signifikan. karena >1,96 dengan pvalue <0,05. Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan menunjukkan bahwa semakin besar pengaruh kinerja guru PAI di MAN 1 Tulungagung dan MAN 3 Tulungagung semakin besar pula pengaruh yang diberikan terhadap budaya madrasah di MAN 1 Tulungagung dan MAN 3 Tulungagung. (7) Kinerja Guru PAI secara positif berpengaruh terhadap Budaya Madrasah. Hasil pengujian menunjukkan bahwa pada nilai original sampelnya 0,332, t-statistik yaitu sebesar 2,225, dan PValue sebesar 0,028. Dari hasil ini dinyatakan t-statistik signifikan. karena >1,96 dengan pvalue <0,05. Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan menunjukkan bahwa semakin besar pengaruh kinerja guru PAI di MAN 1 Tulungagung dan MAN 3 Tulungagung semakin besar pula pengaruh yang diberikan terhadap motivasi belajar peserta didik di MAN 1 Tulungagung dan MAN 3 Tulungagung. (8) Kinerja Guru PAI secara positif berpengaruh terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Hasil pengujian menunjukkan bahwa pada nilai original sampelnya 0,364, t-statistik yaitu sebesar 1,863, dan PValue sebesar 0,065. Dari hasil ini dinyatakan t-statistik signifikan. karena >1,96 dengan pvalue <0,05. Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan menunjukkan bahwa semakin besar pengaruh budaya madrasah di MAN 1 Tulungagung dan MAN 3 Tulungagung semakin besar pula pengaruh yang diberikan terhadap motivasi belajar di MAN 1 Tulungagung dan MAN 3 Tulungagung. (9) Budaya Madrasah secara positif berpengaruh terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Hasil pengujian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa pada nilai original sampelnya 0,225, t-statistik yaitu sebesar 1,792, dan PValue sebesar 0,077. Dari hasil ini dinyatakan t-statistik signifikan. karena >1,96 dengan pvalue <0,05. Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan menunjukkan bahwa semakin besar pengaruh supervisi pembelajaran di MAN 1 Tulungagung dan MAN 3 Tulungagung semakin besar pula pengaruh yang diberikan terhadap budaya madrasah melalui motivasi belajar peserta didik di MAN 1 Tulungagung dan MAN 3 Tulungagung. (10) Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan original sampelnya 0,332, t-statistik yaitu sebesar 2.525, dan PValue sebesar 0,021. Dari hasil ini dinyatakan t-statistik signifikan. karena >1,96 dengan pvalue <0,05. sehingga menunjukkan bahwa semakin besar pengaruh supervisi pembelajaran di MAN 1 Tulungagung dan MAN 3 Tulungagung semakin besar pula pengaruh yang diberikan terhadap budaya madrasah melalui motivasi belajas peserta didik di MAN 1 Tulungagung dan MAN 3 Tulungagung.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12506184015 DILLA YULIA MALWITA
Date Deposited: 16 Feb 2021 03:45
Last Modified: 27 Apr 2021 02:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18522

Actions (login required)

View Item View Item