AMPRI HIDAYAH, 12506184006 (2020) PENGARUH KECERDASAN SPIRITUAL, EMOSIONAL, DAN ADVERSITY QUOTIENT TERHADAP SELF AWARENESS DAN SELF EFFICACY SISWA DI MAN 1 TULUNGAGUNG DAN MAN 3 TULUNGAGUNG. [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (587kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (40kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (539kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (232kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (698kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (97kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul Pengaruh Kecerdasan Spiritual, Emosional, dan Adversity Quotient Terhadap Self Awareness dan Self Efficacy Siswa di MAN 1 Tulungagung dan MAN 3 Tulungagung” yang ditulis oleh Ampri Hidayah, NIM . 12506184006. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag. dan Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci: Spiritual,Emosional, Adversity Quotient, Self Awareness dan Self Efficacy siswa Penelitian ini dilatarbelakangi dari fenomena yang terjadi yaitu banyaknya siswa yang mengerjakan PR, ujian, dan tugas lainnya dengan cara mencontek atau plagiasi. Adanya remaja yang membolos saat jam pelajaran di sekolah adalah remaja yang memiliki kesadaran diri yang rendah. Hal tersebut merupakan perilaku yang menyimpang karena kurangnya kesadaran diri siswa (Self Awareness) dan kurangnya keyakinan diri siswa (Self Efficacy) bahwa sebenarnya mereka mampu mengerjakan tugas tersebut. Siswa yang memiliki kesadaran diri bagus maka mereka mampu untuk mengenal dan memilih perasaan, memahami yang sedang dirasakan dan mengapa hal itu dirasakan dan mengetahui penyebab munculnya perasaan tersebut. Apabila seorang siswa itu memiliki Self Awareness (kesadaran diri) yang baik maka individu tersebut tidak akan melakukan hal-hal yang bersifat negative. Diharapkan dalam penelitian ini dapat mempengaruhi kemampuan berfikir kritis tidak mudah menyerah, dan percaya dengan kemampuan yang dimilikinya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan Spiritual terhadap Self Awareness siswa di MAN 1 Tulungagung dan MAN 3 Tulungagung? 2) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan Emosional terhadap Self Awareness siswa MAN 1 Tulungagung dan MAN 3 Tulungagung? 3) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara Adversity Quotient terhadap Self Awareness siswa MAN 1 Tulungagung dan MAN 3 Tulungagung? 4) Adakah pengaruh yang signifikan secara bersama-sama antara kecerdasan Spiritual, Emosional dan Adversity Quotient terhadap Self Awareness siswa MAN 1 Tulungagung dan MAN 3 Tulungagung?. 5) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan Spiritual terhadap Self Efficacy siswa di MAN 1 Tulungagung dan MAN 3 Tulungagung?. 6) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan Emosional terhadap Self Efficacy siswa di MAN1 Tulungagung dan MAN 3 Tulungagung? 7) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara Adversity Quotient terhadap Self Efficacy siswa di MAN 1 Tulungagung dan MAN 3 Tulungagung. 8) Adakah pengaruhyang signifikan secara bersama-sama antara Spiritual, Emosional dan Adversity Quotient terhadap Self Efficacy siswa di MAN 1 Tulungagung dan MAN 3 Tulungagung.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan manova, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN 1 Tulungagung dan MAN 3 Tulungagung yang berjumlah 581 siswa atau responden, teknik sampling yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling. Sampel penelitiannya adalah 187 responden atau siswa yang diambil dari MAN 1 Tulungagung dan MAN 3 Tulungagung. Teknik analisis data dilakukan uji validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas, homogenitas, manova dan uji F dengan bantuan SPSS 25 for Windows. Hasil penelitian: 1) Ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan Spiritual terhadap Self Awareness siswa di MAN 1 Tulungagung dan MAN 3 Tulungagung dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka ha diterima. 2) Ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan Emosional terhadap Self Awareness siswa MAN 1 Tulungagung dan MAN 3 Tulungagung dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka ha diterima. 3) Ada pengaruh yang signifikan antara Adversity Quotient terhadap Self Awareness siswa MAN 1 Tulungagung dan MAN 3 Tulungagung dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka ha diterima. 4) Ada pengaruh yang signifikan secara bersama-sama antara kecerdasan Spiritual, Emosional dan Adversity Quotient terhadap Self Awareness siswa MAN 1 Tulungagung dan MAN 3 Tulungagung dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai F hitung 56,198 > F tabel 2,42 maka ha diterima. 5) Ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan Spiritual terhadap Self Efficacy siswa di MAN 1 Tulungagung dan MAN 3 Tulungagung dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka h a diterima. 6) Ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan Emosional terhadap Self Efficacy siswa di MAN1 Tulungagung dan MAN 3 Tulungagung dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka ha diterima. 7) Ada pengaruh yang signifikan antara Adversity Quotient terhadap Self Efficacy siswa di MAN 1 Tulungagung dan MAN 3 Tulungagung dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka h a diterima. 8) Ada pengaruh yang signifikan secara bersama-sama antara kecerdasan Spiritual, Emosional dan Adversity Quotient terhadap Self Efficacy siswa di MAN 1 Tulungagung dan MAN 3 Tulungagung dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai F hitung 20,666 > F tabel 2,42 maka ha diterima.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12506184006 AMPRI HIDAYAH |
Date Deposited: | 11 Feb 2021 06:35 |
Last Modified: | 26 Apr 2021 04:20 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18532 |
Actions (login required)
View Item |