ROHMAH, MIFTAKHUL (2015) STRATEGI GURU Al-QUR’AN Al-HADITS DALAM MEMBIMBING SISWA MEMBACA Al-QUR’AN KELAS VII REGULER DI MTs al-HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (965kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (400kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (472kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (178kB) | Preview |
|
Text
BAB 4.pdf Download (395kB) |
||
Text
BAB 5.pdf Download (127kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (104kB) |
||
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Miftakhul Rohmah, NIM 3211113125, Dosen Pembimbing Dr. H. Nur Efendi, M. Ag, dengan judul “Strategi Guru Al-Qur’an Al-Hadits dalam membimbing siswa membaca Al-Qur’an Kelas VII Reguler di MTs al-Huda Bandung Tulungagung. Pendidikan Agama Islam,TarbiyahdanIlmuKeguruan, Institut Agama Islam NegeriTulungagung. Kata kunci: Strategi Guru Al-Qur’an Hadits, Membimbing Membaca Al-Qur’an. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang menunjukkan bahwa banyak sekali anak usia sekolah tidak bisa membaca Al-Qur’an dan banyak anak usia sekolah yang tidak mau membaca Al-Qur’an. Salah satu untuk mengatasinya melalui strategi membimbing siswa membaca Al-Qur’’an, sebagaimana diterapkan di MTs al-Huda Bandung Tulungagung. Peran guru sangat dibutuhkan dalam membimbing siswa membaca Al-Qur’an ini, terutama guru Al-Qur’an Hadist. Maka penting bagi guru Al-Qur’an Hadits untuk membentuk dan menerapkan berbagai strategi dalam membimbing siswa membaca Al-Qur’an setiap peserta didiknya. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana metode yang di gunakan guru dalam membimbing siswa membaca Al-Qur’an kelas VII reguler di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung? (2) Bagaimana solusi yang di lakukan guru untuk mengatasi kendala dalam membimbing siswa membaca Al-Qur’an kelas VII reguler di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui metode yang di gunakan guru dalam membimbing siswa membaca Al-Qur’an kelas VII reguler di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung (2) Untuk mengetahui solusi yang di lakukan guru untuk mengatasi kendala dalam membimbing siswa membaca Al-Qur’an kelas VII reguler di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan snowball sampling yang melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data terdiri tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Mengecek keabsahan data tersebut dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat, triangulasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) metode yang diguanakan dalam membimbing membaca Al-Qur’an adalah metode drill dan tartil, (2) solusi yang digunakan untuk mengatasi kendala dalam membimbing membaca Al-Qur’an adalah memberikan perhatian seperti arahan dan nasehat, tutor teman sebaya, memberikan motivasibaik dari luar maupun dari dalam, mengikuti ekstrakulikuler mengaji.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | MIFTAKHUL ROHMAH |
Date Deposited: | 16 Nov 2015 07:29 |
Last Modified: | 16 Nov 2015 07:29 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1855 |
Actions (login required)
View Item |